Tahun Depan, Rp 16,8 Triliun Dana BOS Mengalir ke Sekolah

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun depan akan segera disalurkan ke sekolah-sekolah SD dan SMP. Jumlahnya bertambah, dari Rp 15 triliunan pada tahun 2010 ini, menjadi Rp 16,8 triliun untuk tahun 2011 mendatang.

“Sekitar Rp 16,8 triliun,” kata Mendiknas M Nuh usai mengikuti rapat Komite Pendidikan mengenai Desentralisasi BOS di Kantor Wakil Presiden, Jl Merdeka Selatan, Rabu (1/12/2010).

Menurut Nuh, dana BOS untuk tahun 2011 naik karena terjadi kenaikan jumlah siswa penerima. Nantinya, setiap siswa SD akan menerima bantuan Rp 387 ribu per tahun, sementara siswa SMP Rp 500 ribu.

Nuh menjamin, dana itu tidak bocor meski disalurkan secara langsung ke daerah, tidak seperti mekanisme sebelumnya yang harus melalui Kemendiknas. Pihaknya akan membentuk tim monitoring untuk melakukan pengawasan.

“Justru kita mendisain suatu sistem dan di sistem itu rawan bocor itu kemunduran. Kami mengundang semua  masyarakat, kan, dari sistem monitoring itu kelihatan berapa uang yang dikrim, berapa ke sini ke situ,” tandasnya.

Sebelumnya, Nuh mengatakan, pemerintah akan mengubah mekanisme penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tahun 2011. Setelah selama 5 tahun melalui Kemendiknas, dana BOS akan langsung disalurkan ke Kabupaten/Kota.

“Ada perbedaan. Kalau 2005-2010, dana BOS itu ada di Kementerian Diknas, setelah itu dikirim pengelolaan provinsi terus ke sekolah. Tahun 2011 dana BOS langsung dikirim ke Kabupaten/Kota dari Kementerian Keuangan,” kata dia.(irw/gun)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s