Tahun Baru Islam Momentum Introspeksi Diri

Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Zulher, mengharapkan, masyarakat memaknai peringatan 1 Muharram sebagai ajang introspeksi diri serta bersama melakukan hal-hal kebaikan demi kehidupan dunia dan akhirat.

“Jika kita selalu melakukan introspeksi diri serta bermuhasabah mudah-mudahan akan terbuka jalan bagi kita semua untuk mendapat sesuatu yang terbaik dalam mengamalkan amanah yang diberikan,” kata Sekda Zulher bernasihat pada acara peringatan 1 Muharram 1432 H yang diperingati oleh Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR), Selasa (7/12), di Desa Bukit Kemuning, Kecamatan Tapung Hulu.

Sekda menjelaskan, pemerintah Kabupaten Kampar akan terus melakukan terobosan baru dan berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program-program yang telah disusun. Keinginan tersebut, tuturnya, berkat kebersamaan yang telah tercipta antara masyarakat dan pemerintah demi Kampar yang lebih sejahtera, berbudaya dan agamis.

“Mewakil pemerintahan Kampar, saya memberikan aspirasi yang cukup tinggi atas dilaksanakannya peringatan 1 Muharram 1432 H. Sebab, dengan pelaksanan kegiatan ini, selain dapat menjalin silahturahmi juga akan meningkat meningkatakan nilai-nilai keagaman serta budaya bangsa,” ujar Sekda.

Zulher berharap masyarakat Kampar, khususnya keluarga besar IKJR yang berada di Kecamatan Tapung Hulu terus menjadikan keberagaman suku dan etnis menjadi hal yang patut disyukuri. “Kedamaian yang kita rasakan,  karena seluruh lapisan masyarakat Kampar mempunyai rasa memiliki yang cukup tinggi terhadap daerah ini.

Ini perlu dijaga dan dipelihara serta disikapi dengan arif dan bijaksana oleh seluruh lapisan masyarakat,” papar Zulher.Ketua IKJR, Lilik Sugiarto mengatakan, organisasi ini dibentuk dengan tujuan mempersatukan pandangan, wawasan, tenaga dan pemikiran guna membangun Kampar. Disamping itu, tuturnya, ikut melestarikan dan memperkenalkan serta mengembangkan kebudayaan Jawa di Kampar.

“Kegiatan rutin setiap memperingati 1 Suro atau 1 Muharram akan diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, tabliq akbar, kuda lumping dan wayang kulit semalam suntuk. Semua kegiatan tersebut dalam khasanah bernuansa Islami,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan hari itu, Ketua DPRD Kampar Syafrizal, Anggota DPRD Kampar Catur Sugen, Harsono, dan Safei’i Samosir, Camat Tapung Hulu, serta seluruh masyarakat Desa Bukit Kemuning Kecamatan Tapung Hulu. (brt)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s