Pos Pendapatan APBD Tomohon 2011 Diperkirakan Naik 15 Persen

Pos pendapatan pada APBD Tomohon Tahun Anggaran (TA) 2011 dipastikan akan naik antara 10 hingga 15 persen dibandingkan dengan tahun 2010. Ini menyusul surat edaran dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) tentang besaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) yang akan diterima oleh pemerintah daerah (Pemda).

Hal tersebut dikatakan oleh Kabag Humas Pemkot Tomohon Judhistira Siwu di Perkantoran Walikota ex Rindam, Senin (6/12/2010). “Kami perkirakan, kenaikan APBD tahun 2011 berkisar di 10 sampai 15 persen. Total APBD pada tahun ini adalah sekitar Rp 360 miliar,” ujar Judhi.

Menurut Judhi yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Bidang Anggaran DPPKAD Kota Tomohon ini, DAU mengalami kenaikan sekitar Rp 21 milyar. Pada tahun 2010, DAU yang diterima Pemkot Tomohon adalah sebesar Rp 219 miliar. Sementara pada tahun yang akan datang dipastikan akan menjadi Rp 240 miliar.

Kenaikan DAU tersebut, kata Judhi, dikarenakan naiknya belanja rutin. Pasalnya, jumlah CPNS Pemkot Tomohon pada tahun 2011 akan bertambah. Diketahui Pemkot Tomohon tengah merekrut CPNS. Selain itu, pada tahun 2011 akan terjadi kenaikan gaji pegawai sebesar 10 persen.

“Gaji CPNS rekrutan tahun ini akan terhitung mulai tahun depan. Kenaikan DAU tersebut juga dipengaruhi kenaikan gaji pegawai 10 persen tahun depan. Jadi, kenaikannya relatif untuk belanja rutin saja,” jelas dia.

Adapun untuk DAK naik sebesar Rp 14 miliar. “Pada tahun 2011 nanti, Pemkot Tomohon akan menerima sebesar Rp 34 miliar DAK. Pada tahun ini jumlah DAK yang kita terima adalah Rp 20 miliar,” jelas pria berkacamata ini.

Judhi menjelaskan asumsi naiknya APBD bisa berubah. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh sumber- sumber pendapatn lainnya, seperti dana dekonsentrasi dan dana-dana penguatan lain dari pemerintah pusat.

“Untuk lebih pastinya, kami masih menunggu PMK (Peraturan Menteri Keuangan) yang akan menjadi acuan dalam penyusunan APBD 2011,” pungkas dia seraya berharap PMK tesebut segera turun dari pemerintah pusat. (suk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s