PAD Minahasa Hanya Rp 17 Miliar

Besaran pendapatan asli daerah (PAD) Minahasa yang hanya berjumlah sekitar Rp 17 miliar mendapat sorotan dari beberapa elemen masyarakat Minahasa. Rudy Karel, pemerhati pemerintahan mengatakan, jumlah PAD seperti ini sangat kecil jika dibandingkan dengan biaya belanja daerah yang mencapai sekitar Rp 585 miliar.

“Besaran nilai PAD suatu daerah dapat menggambarkan pertumbuhan ekonomi, serta kemampuan pemerintah setempat untuk memaksimalkan infestasi di daerahnya. Memang tidak ada kabupaten/kota di Sulut yang telah mandiri dan bisa membiayai semua pekerjaan menggunakan dana dari daerah itu sendiri,” ujarnya.

Dirinya menilai, Pemkab Minahasa harus berusahan untuk memaksimalkan PAD di daerahnya agar dana untuk pekerjaan pembangunan bisa semakin banyak. Dirinya mengatakan, potensi di Minahasa sangat besar, mulai dari pertanian yang memiliki areal yang luas, serta potensi wisata di Danau Tondano dan didaerah pesisir pantai. Menurutnya, semua potensi ini bisa meningkatkan PAD jika digarap sempurna. (luc)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s