DJPb-KPPN Manado Raih Penghargaan KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penghargaan kepada Direktorat Jendral Perbendaharaan Negara (DJPb) sebagai lembaga yang dinilai memiliki komitmen dan inisiatif tertinggi melawan korupsi dan gratifikasi. Penghargaan tersebut meruopakan puncak dari rangkaian Diseminasi Penilaian Inisiatif Anti Korupsi (PIAK) terhadap 80 unit eselon satu dan delapan Pemda se-Indonesia.

Penghargaan diterima  pimpinan DJPb di kantor KPK, Jalan Rasuna Said Jakarta, Senin  (29/12) lalu. Dalam penilaian, KPK mengambil data, dokumen dan survei di semua lembaga yang dinilai. Salah satu yang turut dinilai Kanwil DJPb Manado dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Percontohan Manado.

Pejabat Sementara (Pjs) KPPN Percontohan Manado, Khoirul Huda SE menjelaskan,  KPK meminta sejumlah data, dokumen, foto, materi sosialisasi yang berkaitan dengan komitmen dan inisiatif memberantas korupsi dan gratifikasi. “Apa yang mereka minta ialah dokumen dan data pendukung dari program yang kami sudah jalankan selama ini. Khususnya pakta integritas dengan mitra kerja,” ujar Huda, Senin (6/12/2010).

Dikatakan semua materi dimaksud dikirimkan ke KPK saat tahapan penilaian PIAK beberapa waktu lalu. “Ini menjadi bukti kami benar-benar menjalankan komitmen tersebut bukan hanya slogan di brosur, spanduk atau leaflet,” jelasnya.

Atas raihan prestasi itu, Huda mengaku bangga dan bertekad menjadikannya sebagai motivasi untuk terus melaksanakan komitmen melaksanakan support terhadap good and clean government di daerah. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua mitra kerja  atas kerjasama yang baik selama ini membangun dan melaksanakan komitmen anti korupsi dan gratifikasi,” tukasnya.

Ia menegaskan, faktor kunci memberantas korupsi dan gratifikasi ialah bagaimana komitmen dengan tekad yang ada. “Namanya manusia kalau terus digoda ya bisa jatuh juga. Berkat kerjasama yang baik dari mitra kerja yang turut komit, kita bisa dapat penghargaan. Terima kasih karena tak mengimingi imbalan atau janji apapun kepada pegawai dan komponen kami selama ini,” tuturnya.

KPPN Manado sendiri melayani total 285 satker di Manado, Minahasa, Tomohon, Minsel dan Mitra. Termasuk 14 bank nasional dan PT Pos Indonesia. Beberapa hal yang dilakukan dalam rangka menunjang pemberantasan korupsi dan gratifikasi, yakni sosialisasi dan bimtek internal DJPb-KPPN, membuat surat edaran ke mitra kerja, menyebarkan informasi tentang KPPN Manado bebas suap dan larangan gratifikasi melalu brosur, spanduk yang ditempatkan di titik pelayanan, membuat himbauan dan sosialisasi lewat pesan singkat SMS kepada mitra kerja melalui SMS Center KPPN Manado, membuat nota kesepakatan (pakta integritas) dengan mitra kerja dan mengadakan wadah komunikasi dan sarana pengaduan  bagi satker lewat SMS Center dengan nomor (0431) 910-8999 dan website KPPN Manado dengan alamat http://www.kppnmanado.blogspot.com.(*/ndo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s