UMP Papua Diprediksi Naik 12 Persen

Upah Minimum Provinsi untuk Wilayah Papua 2011 diprediksi akan naik berkisar 8 hingga 12 persen dibanding 2010 sebesar Rp1,316 juta.

Kadisnaker Biak Samuel S.Pademe di Biak, Senin (6/12), mengatakan, berdasarkan keputusan kenaikan UMP Papua setiap tahun besarannya tidak lebih dari 15 persen.

“Apakah 2011 akan terjadi kenaikan UMP diatas 12 persen atau tidak jajaran Disnaker Biak hingga awal Desember 2010 belum menerima SK penetapan kenaikan UMP dari Gubernur Papua,” ujar kepala Disnaker Sameul Pademe menanggapi pemberlakuan UMP 2011.

Ia mengakui, untuk 2010 ketentuan UMP Papua ditetapkan lewat keputusan Gubernur Papua dengan besaran upah mencapai Rp1,316 juta/bulan untuk pekerja yang memenuhi syarat kerja.

Untuk ketentuan UMP 2011, lanjut Pademe, pihak Disnaker Biak masih menanti keluarnya keputusan gubernur Papua mengenai ketetapan upah minimum regional sehingga menjadi dasar pelaksanaan perusahaan atau pengusaha melakukan ketentuan upah.

“Sesuai informasi ketetapan UMP Papua 2011 belum disepakati organisasi pekerja. Jika ketetapan mengenai UMP sudah keluar dari gubernur maka akan disosialisasikan,” ujarnya.

Menyinggung pengawasan pelaksanaan UMP, menurut kadisnaker, sesuai ketentuan pihaknya tetap melakukan monitoring melalui bidang terkait dengan pengawasan syarat dan upah kerja.

“Kenaikan UMP setiap tahun diharapkan dapat meningkatkan penghasilan pekerja serta mendorong terjadinya peningkatkan etos kerja karyawan dalam menunjang operasional perusahaan tempat dia bekerja,” ujarnya.

Di Kabupaten Biak diperkirakan jumlah karyawan perusahaan swasta yang bekerja pada berbagai sektor perkantoran, karyawan toko, industri, perhotelan, pekerja supermarket dan berbagai jenis pekerjaan lain mencapai diatas 3.000 orang. (Ant/rj/OL-5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s