Pemprov NTT Dorong Peningkatan Produksi Jagung

Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengatakan pemerintah terus mendorong petani untuk meningkatkan produksi jagung di wilayah ini hingga mencapai 21 persen pada musim panen 2010. Hal ini untuk menjadikan jagung sebagai komoditas ekonomi masyarakat.

Target peningkatan produksi jagung pada 2010 menjadi 846.719 ton atau 21 persen dari total produksi jagung pada 2009 sebanyak 699.145 ton, sudah ada namun perlu terus didorong agar terealisasi, katanya di Kupang, Kamis (2/12).

Gubernur mengatakan, untuk meningkatkan produksi tersebut, maka semua pihak perlu terlibat aktif, terutama petani sebagai ujung tombak di lapangan perlu diberi pendidikan dan pelatihan . Hal ini dimaksudkan agar petani tidak sekedar menjadi petani konsumtif tetapi lebih dari itu perlu menjadi petani jagung yang produktif guna meningkatkan taraf hidup keluarga.

“Jika target 21 persen dicapai pada 2010, maka selanjutnya terus meningkat di atas enam persen per tahun, sehingga pada akhir 2013 produksi jagung bisa mencapai 1 juta ton lebih,” katanya.

Dikatakan, jagung merupakan komoditas multiguna karena digunakan sebagai bahan pangan dan bahan baku industri seperti industri pangan, pakan ternak maupun bioenergi.

Gubernur juga mengatakan, kebutuhan akan jagung terus meningkat sedangkan produksi dalam negeri belum mampu memenuhi permintaan nasional. “Secara nasional, NTT adalah provinsi terbesar ke-enam penghasil jagung dan ditetapkan sebagai salah satu dari delapan provinsi sentra produksi jagung di Indonesia,” katanya.

Disebutkan, upaya peningkatan produksi jagung di NTT perlu diikuti orientasi petani jagung yang sebelumnya hanya untuk kecukupan pangan rumah tangga, harus diubah menjadi komoditas ekonomis untuk komersial. Karena itu, jika orientasinya hanya kecukupan pangan dalam rumah tangga akan berdampak pada rendahnya pendapatan dan kesejahteraan petani itu sendiri. (Ant/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s