Pemkot Kendari Jalankan Program Persaudaraan Ekonomi

KENDARI–MICOM: Sebanyak 700 Kepala Keluarga warga miskin di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dipersaudarakan dengan keluarga kaya secara ekonomi sebagai satu program pengentasan kemiskinan.

“Kebijakan mempersaudarakan keluarga miskin dan keluarga kaya itu, untuk mengurangi kesenjangan antara si miskin dan si kaya di tengah masyarakat Kota Kendari,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kelurahan Kota Kendari, Arifin Baidi,SH di Kendari, Rabu (1/12).

Menurut Baidi, mempersaudarakan keluarga kaya dan keluarga miskin itu merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan yang digulirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sejak tiga tahun terakhir. Melalui program yang dikemas dalam Persaudaraan Madani itu kata dia, Pemkot Kendari menghubungkan antara keluarga miskin dan keluarga kaya menjadi bersaudara.

“Setelah terjalin persaudaraan, maka keluarga kaya diharapkan dapat membantu saudaranya dari keluarga miskin itu, sehingga terbebas dari kemiskinan,” katanya.

Bantuan yang diberikan keluarga kaya kepada saudaranya yang miskin kata Arifin, tidak hanya sebatas bantuan materi, akan tetapi juga bantuan pembinaan dalam hal berusaha. Kiat atau cara si kaya mendapatkan kehidupan yang layak, ujar Arifin, juga ditularkan kepada si miskin, sehingga diharapkan dalam persaudaraan itu pada gilirannya bisa membuat keluarga miskin bisa mandiri secara ekonomi. “Pokoknya dalam program persaudaraan Madani ini, bagaimana keluarga miskin dan kaya bisa berbagi rasa, pengalaman dan pengetahuan dalam menjalani kehidupan,” katanya.

Sasaran yang ingin dicapai Pemkot Kendari dari program tersebut menurut Arifin, yakni untuk mengurangi jumlah penduduk miskin sekaligus meningkatkan kualitas hidup warga kota. (Ant/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s