Harga Beras Melambung, Penggelontoran Raskin Dipercepat

BANYUMAS–MICOM: Harga beras jenis IR 64 kelas medium yang melonjak membuat sejumlah pemkab mengajukan pendistribusian beras untuk keluarga miskin (raskin).

Misalnya, Pemkab Purbalingga telah selesai menyalurkan raskin, sementara Pemkab Banyumas bakal mendistribusikan Kamis (2/12).

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Purbalingga Zainal Abidin mengungkapkan bahwa pihaknya memang telah mengajukan pendistribusian raskin dari seharusnya Desember menjadi akhir November.

“Kami memang mengajukan distribusi raskin untuk membantu keluarga miskin karena saat ini beras di pasaran mahal.”

Pemkab menyalurkan raskin untuk jatah satu keluarga sebanyak 19 kilogram (kg), dari jatah resmi hanya 15 kg. Beras 4 kg merupakan tambahan dari bulan-bulan sebelumnya yang belum disalurkan.

Sehingga untuk bulan November setiap keluarga miskin memperoleh jatah 19 kg dengan harga tebus per kg Rp1.600. Raskin tersebut sangat membantu warga, karena di pasaran beras kelas medium sudah mencapai Rp6.800 hingga Rp7.000 per kg.

Menurutnya, untuk Purbalingga, jumlah keluarga miskin yang mendapat jatah raskin sebanyak 68.312 rumah tangga sasaran. Dengan penyaluran 19 kg, keluarga miskin mengeluarkan uang tebus sebesar Rp30.400.

“Sangat hemat jika dibandingkan dengan membeli beras di pasaran. Kalau harga beras Rp70 ribu, maka dengan 19 kg mereka harus mengeluarkan uang Rp133 ribu. Hematnya sampai Rp100 ribu lebih,” ujarnya. (OL-9)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s