BLH Sosialisasi UU Nomor 32 Tahun 2009

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tanjungpinang menggelar sosialisasi Undang-undang (UU) nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sosialisasi yang digelar di Hotel Pelangi, Tanjungpinang ini berlangsung selama  dua hari 29-30 November kemarin.

Kegiatan ini diikuti 400 peserta yang yang dibagi dalam dua angkatan dimana gelombang pertama meliputi pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemko Tanjungpinang, Anggota DPRD Tanjungpinang, Kejaksaan Negeri, Kepolisian, instansi di lingkungan Pemprov Kepri, satuan kerja vertikal dan non vertikal, tenaga ahli komisi Amdal dan pihak Perguruan Tinggi.

Sedangkan gelombang kedua meliputi pelaku dunia usaha, LSM dan Lembaga Pemberdayaan Pemerintah di tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

Kepala BLH Kota Tanjungpinang Yulianus Mukhtar mengatakan, UU nomor 32 tahun 2009 merupakan pengganti dari UU nomor 23 tahun 1997, di mana dalam pelaksanaannya UU tersebut dinilai belum sempurna terutama dalam pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Pengalaman juga menunjukkan bahwa lingkungan dari hari ke hari tidak semakin lestari, akan tetapi semakin menurun kualitasnya. Oleh karena itu dengan sosialisasi UU baru ini pemahaman dan pengetahuan yang terlibat dalam pelestarian lingkungan hidup semakin meningkat,” kata Yulianus.

Walikota Tanjungpinang melalui Plt Sekdako Gatot Winoto dalam sambutannya memaparkan hal-hal yang baru dari UU tersebut antara lain Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang menjadi salah satu dasar baik dalam penyusunan maupun evaluasi dari Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW), Rencana Pembangunan Jangka Menengah di tiap provinsi, kota dan kabupaten.

“UU tersebut tidak hanya mengatur tentang instansi lingkungan hidup saja, akan tetapi melibatkan semua pihak. Dengan demikian upaya perlindungan dan pengelolaan hidup bersifat lintas sektoral,” kata Gatot. (hk/rz)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s