Negara ASEAN Susun Standar Akuntansi Pemerintahan

TEMPO Interaktif, Denpasar–Perwakilan negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Kamis (5/8), berkumpul di Kuta Bali untuk mendiskusikan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) yang sesuai dengan kaidah pemerintahan yang baik dan transparan. Diskusi juga akan membentuk forum untuk menyatukan kepentingan bersama setiap negara tetapi tetap sesuai dengan praktek internasional.

Ketua Komite SAP Indonesia Binsar H Simanjuntak menyatakan, pengelolaan keuangan negara yang tidak baik merupakan salah-satu faktor penyebab kejatuhan perekonomian suatu negara. “Melalui forum ini kita harapkan ada pertukaran pengalaman antar negara dalam menerapkan SAP,” ujarnya. Forum ini juga akan berusaha agar negara ASEAN mempunyai bargaining power dalam organisasi atau badan akuntansi pemerintahan sektor publik internasional agar mengakomodasi kepentingan negara ASEAN

Selain negara ASEAN, diskusi juga diikuti perwakilan dari Korea Selatan sebagai observer. Ada juga perwakilan dari organisasi dan lembaga seperti Bank Indonesia, Bank Dunia dan GPF AIP. Sementara pembicara yang hadir antara lain berasal dari Australian Accounting Standard Board, International Public Sector Accounting Standard Board (IPSASB), dan lainnya. Acara akan diakhiri dengan penandatanganan deklarasi bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s