Ubah Imej Pelayanan Kesehatan

Petugas kesehatan yang kurang baik memberikan pelayanan kepada masyarakat masih menjadi persoalan utama di Riau. Untuk merubah imej tersebut harus dimulai dari diri mahasiswa kesehatan.

Demikian hal yang ditekankan dalam Workshop Open Space Technology (OST) Positive Deviant (PD) for Health Issues yang diselenggarakan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tenaga Kesehatan (Appnakes) Provinsi Riau, Kamis (25/11) di Aula Rab University Pekanbaru. Hadir sebagai narasumber akademisi sekaligus konsultan independen dari Hongkong Alan Steward PhD.

Selain Alan, pembicara lainnya yakni, Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Elfindri, dosen Fakultas Kedokteran University Tabrani Rab dr Leo Nardo, Dewan Penasehat Appnakes Riau dr H Zainal Abidin MPh.

Di hadapan 350 peserta yang terdiri dosen dan mahasiswa perguruan tinggi kesehatan di seluruh wilayah Provinsi Riau, Alan menegaskan bahwa peran penting dari universitas adalah menjadi tempat di mana para mahasiswa belajar menjadi makhluk sosial yang kompeten seperti berbicara, mendengar dan belajar dari mereka yang berbeda.

‘’Belajarlah menghargai orang lain. Jika ini telah dibiasakan, mahasiswa kesehatan yang sewaktu turun ke masyarakat tidak akan canggung. Sebab, sewaktu-waktu ketika turun ke tengah masyarakat, hingga turun ke rumah-rumah masyarakat,’’ sebutnya.

Alan juga mengatakan, mahasiswa kesehatan harus belajar untuk berintegrasi dengan orang lain. ‘’Bila perlu, belajar berintegrasi hingga di luar lingkungan kampus seperti pasar dan tempat lainnya. Dari situ akan didapat pengalaman yang cukup banyak,’’ ujarnya.

Terakhir Alan memberi nasehat kepada lulusan tenaga medis yang bekerja untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di tempat mereka bekerja. ‘’Mereka harus menyadarai hal yang terpenting dan mendasar adalah berbaik hati kendati semua orang yang ditemui sedang mengalami masalah besar,’’ sebutnya.(yls)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s