Kendari Kembangkan Tanaman Vanili

KENDARI–MICOM:Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), melirik tanaman vanili untuk dikembangkan di daerah ini.

“Tanaman vanili merupakan komoditas yang berpotensi untuk dikembangkan di daerah ini,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Nedy Patanduk, di Kendari, Jumat (26/11).

Ia mengatakan, setiap tahun, pihaknya selalu menganggarkan untuk bantuan para petani yang eksis menanami lahannya dengan tanaman vanili, misalnya dalam hal penyediaan dan pemberian bibit vanili kepada petani. “Tahun ini, kami memberikan dan menyiapkan bibit vanili kepada petani sebanyak 4.500 pohon,” katanya. Bibit itu katanya, untuk petani yang ada di Kecamatan Baruga, Kecamatan Poasia, Kecamatan Abeli, Kecamatan Mandonga, Kecamatan Puwatu dan Kecamatan Kendari.

Tanaman vanili ini, kata Nedy, butuh ketelatenan petani dalam merawatnya hingga memanennya, sehingga perlu banyak sentuhan atau perhatian dari pemilik lahan. “Untuk membantu para petani dalam mendapatkan hasil panen yang maksimal, kepada petani vanili yang sudah lama eksis dan yang baru mulai mengembangkan tanaman ini, selalu mendapat bimbingan dan pembinaan dari Dinas Pertanian Kendari,” ujarnya.

Dalam hal ini kata Nedy, keterlibatan penyuluh pertanian sangat besar peranannya dalam membimbing para petani di daerah ini sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal.

“Para penyuluh kami sangat aktif dalam memberikan pembinaan kepada petani, sehingga tanaman ini bisa dikembangkan di daerah ini dengan baik,” pungkasnya. (Ant/sa/OL-05)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s