Berdayakan Usaha Kecil Di Kijang Pelayanan UKM Bakal Satu Atap

Dalam waktu dekat Bintan akan memiliki gedung pelayanan satu atap bagi usaha kecil menengah (UKM). Hal ini dalam rangka pemberdayaan pelaku UKM di masyarakat.
Riki Rionaldi, Lurah Kijang yang juga menjadi kepala biro litbang di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bintan menjelaskan, gedung pelayanan satu atap bagi UKM ini renacanya akan ditempatkan di samping Kantor Lurah Kijang Kota Bintan Timur.
Di gedung itu nantinya  masyarakat yang memiliki usaha industri rumah tangga, dapat berkonsultasi semisal untuk pembuatan izin pangan industri rumah tangga (PIRT), pembuatan label halal, atau pembuatan logo produk.
Selain itu, tambah Riki, masyarakat juga akan terlayani soal berbagai bentuk konsultasi terkait dunia usaha kecil rumah tangga.
“Tentu tidak tertutup pada label halal dan logo produk saja, tapi juga bisa melayanai segala konsultasi yang berkaitan dengan industri kecil menengah, mulai dari perintisan usaha sampai konsultasi bagaimana menembus pasar,” kata Riki.
Riki menyebut rencananya gedung ini akan dilaunching bersempena dengan pelaksanaan expo hasil UKM dan NBSP dalam waktu dekat. Dalam kesempatan itu, Dekranasda Bintan katanya akan berencana membuat satu kegiatan pameran yang diisi hasil usaha mikro kecil Bintan yang mempunya ciri khas tersendiri. Rencananya, pameran ini akan dilaksanakan 4 Desember. Namun, dikarenakan ada sedikit kendala, Riki menyebut kegiatan akan diundur.
Riki menyampaikan, pameran tersebut bertujuan untuk mengenalkan produk industri kecil menengah rumahan Bintan. Ajang ini juga diharapkan menjadi ajang evaluasi bagi lembaga yang berkonsentrasi terhadap pengembangan produk UKM.(ame)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s