Ribuan Pedagang Blokade DPRD Malang

MALANG–MICOM:Ribuan pedagang pasar tradisional Dinoyo dan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) berunjukrasa dengan memblokade pelataran alun-alun Tugu dan Gedung DPRD, Kamis (25/11).

Unjuk rasa itu bertepatan dengan paripurna pembahasan APBD 2011 dan jawaban Walikota Malang Peni Suparto tentang rancangan peraturan daerah inisiatif anggota dewan. Pedagang memblokade pintu masuk dewan yang dijaga puluhan polisi.

Bahkan setelah rapat paripurna dewan selesai sekitar pukul 11.00 Wib, mereka tetap berunjukrasa. Wali Kota Malang Peni Suparto yang disebut-sebut pedagang agar menemui mereka, juga tidak terlihat. Ia memilih bertahan di gedung dewan.

Pedagang menolak site plane yang sudah diputuskan dewan soal pembangunan pasar tradisional Dinoyo dan Blimbing yang akan dijadikan mall dan apartemen. Ketua Koordinator Pedagang Pasar Dinoyo Subardi mengatakan sebanyak 2.000 orang pedagang di Blimbing dan 1.400 orang pedagang di Dinoyo berunjukrasa karena site plane itu dianggap sangat mahal, maka mereka merapatkan barisan untuk melakukan penolakan.

Ia menjelaskan ribuan pedagang unjukrasa sekaligus menagih janji Wali Kota Malang yang dalam kampanyenya akan melindungi pedagang pasar tradisional untuk tetap berdagang di lantai dasar tanpa dipungut biaya. Tetapi kenyataannya sekarang justru mengorbankan pedagang hanya untuk membela kepentingan investor.

“Pada dasarnya kami tidak menolak pembangunan pasar. Yang kami tolak site plane yang menempatkan pedagang di belakang areal pasar lantai 2 dan 3,” ujarnya. (BN/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s