Produksi Rumput Laut Sultra Capai 492.843 Ton

KENDARI–MICOM: Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Saleh Lasata, mengatakan, produksi rumput laut basah di Sultra dalam setahun mencapai 492.834 ton basah.

“Produksi rumput laut Sultra sebesar 492.834 ton basah tersebut tersebar disemua kabupaten/kota di Sultra,” kata Saleh Lasata, di Kendari, Jumat (26/11).

Ia mengatakan, 12 kabupaten/kota se-Sultra yang memiliki wilayah pesisir dan pantai yang sangat berpotensi untuk pengembangan budi daya rumput laut.

Dikatakannya, peranan sektor kelautan dan perikanan dalam pengembangan rumput laut di Sultra masih sangat besar untuk terus dikembangkan dan ini menunjukan betapa pentingnya peranan sektor ini terhadap pembangunan ekonomi daerah.

“Komoditas ini sudah besar peranannya dalam menggerakan perekonomian Sultra melalui peranan besar dari sektor kelautan dan perikanan yang terus melakukan terobosan pengembangan komoditi ini,” ujarnya.

Yang menjadi permasalah saat ini, kata Wagub, adalah komoditas ini belum memberikan pendapatan yang baik bagi para pembudidaya karena rantai pemasarannya relatif panjang.

“Untuk itu, perlu terbangun industri pengolahan dan pengembangan rumput laut di daerah ini, sehingga produk rumput laut kita dapat memiliki keistimewaan baru dan nilai penggunaan yang tinggi serta pangsa pasar yang lebih luas,” katanya.

Hal ini, katanya, dapat berjalan lancar bila dapat terbangun suatu kelembagaan yang memadai sebagai sentral aktivitas bisnis perikanan di Sultra. (Ant/OL-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s