Masyarakat Diminta Tingkatkan Ketahanan Lokal

AMBON–MICOM: Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff minta masyarakat meningkatkan ketahanan lokal dalam rangka menangkal isu provokatif yang coba disebarkan segelintir orang melalui pesan singkat (SMS) untuk menciptakan instabilitas di daerah ini.

“Bagi saya, ada pihak-pihak yang tidak menginginkan Maluku aman. Kita dianggap terlalu cepat terprovokasi, dan karena itu ketahanan lokal masyarakat harus dibuktikan. Apapun sms yang beredar, Maluku tetap stabil,” kata Wagub Assagaff di Ambon, Jumat (26/11).

SMS yang beredar antara lain berisi informasi bakal terjadi konflik baru dengan sasaran di Pasar Mardika pada 26 November 2010, warga Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau blokir jalan di Desa Passo, Kecamatan Baguala, dan warga Kariuw, Pulau Haruku (Maluku Tengah) hendak diserang warga desa tetangganya..

Assagaff menegaskan, sms provokatif yang beredar dua pekan terakhir ini tidak mempengaruhi stabilitas keamanan di Maluku, aktivitas masyarakat tetap berlangsung seperti biasa.

“Tak ada yang terpengaruh,” katanya.

Ia juga menyatakan pemerintah tetap waspada dan masyarakat diminta melaksanakan siskamling.

“Siskamling ini penting. Kita juga akan buka ruang-ruang komunikasi dengan masyarakat,” katanya.
`
Wagub juga mendesak pers di daerah ini untuk tidak menyajikan berita-berita yang yang berkaitan dengan isu sara, demi menjaga stabilitas keamanan yang telah pulih akibat konflik sosial 11 tahun lalu.

“Ketika ada masalah-masalah yang berkaitan dengan isu sara, jangan diliput. Stabilitas keamanan itu mahal. Satu ketika, kalau terjadi konflik mungkin pers pun akan kesulitan karena tidak bisa terbit,” katanya.

Assagaff lebih jauh mengimbau semua pihak dalam masyarakat agar tidak gampang terprovokasi dan mempercayakan penyelesaian masalah isu-isu menyesatkan itu kepada pemerintah daerah dan kepolisian.

“Jangan pula konflik orang per orang merembet ke persoalan antarkampung atau dikait-kaitkan dengan nama desa atau golongan, apalagi diangkat menjadi isu agama. Itu tidak boleh terjadi!” tandasnya.

Ia juga menyatakan pemerintah telah minta kopolisian menindak tegas penyebar sms provokatif. (Ant/Ol-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s