Harga Gula di Kotabaru Tembus Rp12.500

KOTABARU–MICOM: Sejumlah ibu rumah tangga di Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengeluh karena harga gula pasir mulai Kamis (25/11) tembus hingga Rp12.500 per kilogram.

Seorang ibu rumah tangga di Jalan Surya Ganggawangsa Kotabaru, Umi Fatimah, Jumat (26/11), mengaku terkejut saat berbelanja di pasar Kemakmuran, harga gula pasir mencapai Rp12.500 per kg.

“Padahal, sehari sebelumnya harga gula kisaran Rp11.500 per kg,” katanya.

Menurut sejumlah pedagang, naiknya harga gula akibat permintan naik dan barang dipasaran mulai kosong.

Menjelang pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Kalsel, di mana Kotabaru kedatangan sekitar 4.000-6.000 warga Kalsel, permintaan akan gula dan barang sembilan bahan pokok yang lainnya cukup tinggi.

Sementara stok di sejumlah pasar dan agen relatif tidak terjadi perubahan, bahkan khusus untuk gula relatif berkurang karena distribusi dari Banjarmasin diduga mengalami penurunan.

Kondisi tersebut menyebaBkan permintaan gula dan barang sembako jani meningkat drastis.

Akibat melambungnya harga gula tersebut, Umi Fatimah, mengaku terpaksa membeli gula pasir sekitar 10 kg untuk keperluan beberapa hari ke depan.

Selain harga gula, kata Siti, harga minyak goreng kemasan juga naik, dari Rp22.000 per jerigen isi dua liter, naik menjadi Rp24.000 per jerigen.

Bawang merah dari Rp30.000 per kg naik menjadi Rp32.000 per kg.

Begitu juga dengan barang-barang untuk konsumsi yang lainnya, mengalami kenaikan kisaran 2-10 persen.

Sementara itu, di Banjarmasin, Pemprov Kalsel, bersama dengan distributor gula dan Kepolisian Daerah setempat membahas kekosongan stok gula di daerah ini akibat penahanan kapal bermuatan 3.700 ton gula.

“Sekretaris Daerah Mukhlis Gafuri bersama dengan Kepolisian Daerah sedang melakukan koordinasi, kami tunggu hasilnya,” kata Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin Rabu (24/11).

Menurut Gubernur, kelangkaan gula yang terjadi saat ini harus cepat mencarikan jalan keluar karena harga gula di pasaran sudah mencapai Rp12.000 lebih per kilogram atau naik dari sebelumya Rp9.500 per kilogram. (Ant/OL-3)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s