Pemprov Papua Bangun Empat Pabrik Pengolahan Ubi Jalar

JAYAPURA–MICOM: Gubernur Provinsi Papua Barnabas Suebu mengemukakan guna memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, Pemeritah Provinsi Papua saat ini tengah menyiapkan pembangunan pabrik pengolah ubi jalar di empat kabupaten yakni, Kabupaten Keerom, Jayawijaya, dan Merauke.

“Tujuan dari pendirian pabrik tersebut selain untuk meningkatkan nilai tambah dan pendapatan petani ubi jalar, juga untuk memperbaiki gizi penduduk Papua sehingga di waktu mendatang akan diperoleh generasi papua yang sehat, kuat, dan cerdas,” katanya di Jayapura, Rabu (24/11).

Dia menjelaskan, pabrik pengolah ubi jalar tersebut nantinya akan menghasilkan tepung untuk bahan baku pembuatan biskuit dan mi. “Biskuit dan mie tersebut nantinya akan ditambahkan zat gizi lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan gizi ibu hamil, ibu menyusui, balita dan anak sekolah,” kata Gubernur.

Selain ubi jalar, menurut dia, sebagian penduduk Papua mengkonsumsi beras, sehingga komoditas ini juga perlu mendapat perhatian. Ia menjelaskan, beberapa kabupaten dan provinsi memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan tanaman padi.

Melihat hal itu, lanjutnya, pada 10 Agustus 2010 Menteri Pertanian Suswono telah meresmikan pengembangan pangan dan energi skala luas di Kabupaten Merauke (MIFEE). “Melalui program ini diharapkan Provinsi Papua tidak lagi menjadi daerah yang mendatangkan beras, tetapi menjadi salah satu provinsi pemasok beras tingkat nasional,” katanya.

Terkait dengan hal itu, Barnabas Suebu meminta peran pemerintah daerah kabupaten/kota untuk mencapai sasaran kemandirian pangan. “Dengan upaya swasembada komoditas pangan strategis, saya mengharapkan pemerintah daerah dapat berperan dengan mengeluarkan kebijakan (Perda) yang kondusif bagi pengembangan usaha pertanian, membangun kawasan sentra ternak sapi potong yang disinergikan dengan sentra jagung,” katanya. (Ant/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s