Kepri Siapkan Ratusan Dokter Pedesaan

TANJUNGPINANG–MICOM: Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan menyiapkan 100 dokter keluarga di pedesaan dan pulau yang selama ini kurang mendapat pelayanan kesehatan.

Plt Sekretaris Daerah Pemerintah Kepulauan Riau (Kepri) Suhajar Dewantoro, Kamis (25/11) mengatakan program dokter keluarga mulai dilaksanakan pada tahun 2011 untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. “Program itu sudah dialokasikan dalam Ranperda APBD tahun 2011,” ungkap Suhajar.

Selama ini, kata dia, sebagian desa dan pulau tidak memiliki dokter keluarga sehingga warga harus berobat menyeberangi perairan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal itu mengakibatkan  biaya yang dikeluarkan warga untuk mengobati sakitnya menjadi besar.

Penugasan 100 dokter keluarga di 100 desa dan pulau yang tersebar di Kepri diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. Para dokter itu akan menempati ruang kerja di pos pelayanan kesehatan terpadu yang tersedia di desa dan pulau.

“Sebagian warga yang tinggal di desa dan pulau di Batam, Bintan, Lingga, Karimun, Natuna dan Anambas membutuhkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” kata Suhajar .

Suhajar merasa optimis para dokter yang dipercaya pemerintah bersedia ditugaskan di desa atau pun pulau yang jauh dari perkotaan. Kebanyakan dokter yang baru menyelesaikan kuliahnya memiliki integritas dan semangat yang tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat.

Dokter keluarga akan mendapatkan tunjangan kesejahteraan yang lebih tinggi dari dokter yang ditugaskan di perkotaan, mengingat biaya operasional yang dibutuhkannya lebih besar. Hal itu juga dapat meningkatkan semangat kerja para dokter.

Para dokter, katanya, tidak harus tinggal di pedesaan, melainkan mereka dapat tinggal di kecamatan. Kami optimis tidak sulit mendapatkan dokter yang bersedia mengabdi di desa dan pulau,” katanya. (Ant/OL-04)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s