Kepala Dinas BMSDA Batang Ditahan

BATANG–MICOM:: Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Batang, Jawa Tengah, menahan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Batang Sufiyanto. Dia terlibat dalam kasus korupsi proyek perbaikan Jl Basuki Rahmad, Batang, yang merugikan negara Rp212 juta.

Keterangan dihimpun Media Indonesia di Batang Kamis (25/11), menyebutkan, setelah melakukan serangkaian pengusutan dan pemeriksaan terhadap para tersangka korupsi, penyidik di Kejaksaan Negeri (Kejari) Batang akhirnya menahan Sufiyanto.

Sebelumnya dalam kasus yang sama, Kejari juga menetapkan Direktur PT Penta Group mandiri Abadi Ambarwati sebagai tersangka dan melakukan penahanan kota dan menahan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Eko Irianto dari Dinas BMSDA serta sub kontraktor Ekhsan.

Kepala Kejari Batang Johny Manurung mengatakan ditetapkannnya Sufiyanto sebagai tersangka setelah kejaksaan Batang melakukan penyelidikan dan pemeriksaan serta gelar ekspos bersama Assisten Tindan pidana Khusus (aspidsus) Kejaksaan Tinggi Jateng, dimana diketahui bahwa tersangka merupakan pejabat pengguna anggaran dan proyek tersebut.

“Kita mempunyai bukti yang cukup atas keterlibatan tersangka, disamping itu dilakukan penahanan karena dikhawatirkan tersangka melarikan diri atau menghilangkan barang bukti serta untuk mempermudah pemeriksaan,” kata Johny.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, demikian Johny, proyek perbaikan Jl Basuki Rahmad Batang dikerjakan dengan nilai Rp1,108 miliar pada tahun 2009, dan berdasarkan audit BPKP terdapat kerugian negara yang mencapai Rp212 juta, karena proyek tidak dikerjakan sesuai ketentuan dan bestek, yaitu mengurangi volume pengaspalan dan kegiatan bangunan lainnya. (OL-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s