Tunjuk Langsung Perusahaan Pengadaan Obat, Rumah Sakit Lumajang Ditegur BPK

TEMPO InteraktifLUMAJANG – Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia menegur Rumah Sakit Daerah dr Haryoto milik Pemerintah Kabupaten Lumajang terkait pengadaan obat senilai Rp 4,9 miliar.

Berdasarkan dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan BPK perwakilan Jawa Timur Nomor 60/R/XVIII.JATIM/06/2010 yang diperoleh TEMPO, Selasa (23/11), pengadaan obat pada tahun anggara 2006 tersebut melanggar ketentuan karena dilakukan dengan penunjukan langsung.

“Pengadaan obat yang dilakukan secara langsung mengakibatkan tidak dapat diketahuinya tingkat kewajaran harga obat-obatan tersebut,” demikian diuraikan dalam laporan yang ditandatangani Penanggung Jawab Pemeriksaan BPK Perwakilan Jawa Timur Novian Herodwijanto.

BPK juga menilai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pengadaan obat tidak memperhatikan ketentuan yang berlaku. Di antaranya Peraturan Presiden Indonesia Nomer 95 Tahun 2007 tanggal 23 Oktober 2007, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomer 13 Tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

Dalam laporan tersebut dibeberkan pula modus operandi pelanggaran. Agar bisa ditunjuk langsung, harga barang dipecah dengan nilai di bawah Rp 50 juta.

Untuk pengadaan obat tersebut melibatkan 15 perusahaan rekanan. Setiap perusahaan bisa mengantongi satu hingga 40 Surat Perintah Kerja (SPK), sehingga secara keseluruhan mencapai 165 SPK.

Karena ditemukan pelanggaran, BPK merekomendasikan kepada Bupati Lumajang agar memerintahkan Direktur RSD dr Haryoto Lumajang untuk memperhatikan ketentuan yang berlaku, terutama kebijakan penunjukan langsung.

Direktur RSD dr Haryoto Triworo Setyowati belum bisa dimintai konfirmasi. Dihubungi Tempo melalui sambungan telpon siang ini, Triworo tidak mengangkatnya.

Namun, kepada pemeriksa BPK, Triworo menjelaskan, penunjukan langsung dilakukan karena menyesuaikan kebutuhan harian. “Dengan penunjukan langsung dapat dihindari kemungkinan terjadinya kadaluarsa pada obat dan alat kesehatan,” kata Triworo. DAVID PRIYASIDHARTA.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s