Pemkot Malang akan Asuransikan Ribuan Juru Parkir

2.000 orang juru parkir di Kota Malang, Jawa Timur dalam waktu dekat ini akan diasuransikan oleh Dinas Perhubungan setempat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang M Yusuf, Selasa (23/11) mengatakan untuk merealisasikan program asuransi bagi para jukir tersebut, pihaknya akan menggandeng salah satu perusahaan asuransi di daerah itu.

“Hanya saja sampai saat ini, kami belum menentukan perusahaan asuransi yang akan menangani para juru parkir (jukir) ini. Bagaimanapun juga mereka (jukir) adalah ujung tombak penyumbang pendapatan asli daerah (PAD), sehingga kesejahteraannya pun juga harus diperhatikan,” tegasnya.

Menurut dia, pekerjaan jukir di lapangan adalah pekerjaan yang berisiko dan perlu dilindungi dengan asuransi. Program asuransi bagi jukir tersebut juga sebagai langkah awal penataan sektor perparkiran di daerah ini.

Selain akan diasuransikan, kata mantan Kahumas Pemkot Malang tersebut, para jukir juga akan diberi pelatihan terkait dengan pelayanan kepada masyarakat termasuk hak dan kewajiban para jukir itu sendiri. Bagi mereka yang lulus akan diberi sertifikat sebagai bukti yang bersangkutan telah lulus dalam pelayanan jasa perparkiran.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan dan jukir mengantongi sertifikat ini, ke depan tidak ada lagi keluhan dari masyarakat terkait layanan parkir di Kota Malang,” ujarnya menambahkan.

Ia mengemukakan, pihaknya juga akan memberi kemudahan bagi koordinator jukir dalam penyetoran uang parkir ke Dishub. Jika sebelumnya petugas dari Dishub yang berkeliling mengambil uang setoran parkir dari koordinator, ke depan koordinator atau pengelola ini tinggal menyetorkan ke bank terdekat.

Bahkan, lanjutnya, setoran parkir tersebut tidak hanya disetorkan di bank tertentu, namun semua bank yang beroperasi di Kota Malang dan dekat dengan lokasi mereka bertugas. “Kami upayakan semua pekerjaan dilakukan dengan efektif, sebab kalau petugas Dishub yang harus keliling setiap hari mengambil setoran, kan menguras tenaga dan waktu. Oleh karena itu, kami akan bekerja sama dengan perbankan,” katanya. (Ant/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s