Jembatan Selat Sunda bakal Sumbang 20 Persen Pendapatan Masyarakat

Dosen Ekonomi Pembangunan FE UNTIRTA, Indra Suhendra mengatakan kehadiran Jembatan Selat Sunda (JSS) akan menyumbang 10 sampai 20 persen bagi pendapatan masyarakat Banten.

“Kalau pemerintah jadi merealisasikan Jembatan Selat Sunda maka akan memberikan dampak luar biasa bagi pendapatan ekonomi masyarakat,” kata Indra, Selasa (23/11).

Pembangunan yang akan direncanakan mulai tahu 2012 itu akan mempermudah akses jalan dan perdagangan masyarakat pulau Jawa dan Sumatra. “Dengan adanya jembatan Selat Sunda nanti. Proses pengiriman arus barang atau hasil bumi dari Sumatra ke Jawa atau sebaliknya akan cepat sampai jika dibandingkan dengan menggunakan kapal ferry. Tentu saja hal ini akan menguntungkan dari segi penjualan barang, yang akan cepat habis,” kata Indra.

Rencana pembangunan jembatan ini sangat didukung sepenuhnya oleh kedua gubernur, Provinsi Banten dan Lampung. “Masyarakat akan memiliki ruang untuk membuka usaha baru. Seperti membuka usaha penjualan makanan, oleh-oleh ataupun usaha-usaha lainnya,” katanya menjelaskan

Indra juga menambahkan, sepertinya masyarakat Banten dan Lampung sudah siap untuk menerima kondisi arus perdagangan ekonomi dan pembangunan yang akan semakin cepat.

“Dengan adanya jembatan selat sunda ini. Arus perdagangan yang akan terjadi di kedua pulau, khususnya di Banten dan Lampung akan semakin berkembang. Tidak mustahil jika kondisi tersebut akan berjalan secara jangka panjang. Tingkat pendapatan ekonomi kedua provinsi tersebut akan naik sebesar 30 persen atau lebih,” katanya. (Ant/OL-2)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s