55 Koperasi di Bengkulu Dapat Bantuan Modal

Pemerintah Provinsi Bengkulu selama 2010 menyalurkan bantuan modal kepada 55 koperasi di sejumlah kabupaten/kota di daerah itu sebesar Rp2,85 miliar.

Tahun ini pihaknya kembali menyalurkan bantuan modal kepada sejumlah koperasi di daerah ini sebesar Rp2,8 miliar dan setiap koperasi mendapat bantuan Rp50 juta, kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Bengkulu M Darwin, di Bengkulu, Selasa (23/11).

Selain itu, pada tahun yang sama Disperindag dan Koperasi Provinsi Bengkulu juga memberikan bantuan modal kepada koperasi pedagang kaki lima di Kota Bengkulu sebesar Rp420 juta.

Sedangkan 55 koperasi yang mendapat bantuan modal untuk pengembangan usaha itu, meliputi 41 koperasi wanita sebesar Rp2,1 miliar dan 15 koperasi industri kecil daerah tertinggal sebesar Rp750 juta.

Koperasi yang mendapat bantuan modal usaha ini tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, di antaranya Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, Seluma, Kaur dan kabupaten lainnya.

Sedangkan jenis usaha koperasi yang mendapatkan bantuan itu beragam, khusus koperasi wanita bergerak dalam kegiatan simpan pinjam dan koperasi di daerah tertinggal bergerak dalam usaha industri kecil.

Namun, ia tidak merinsi jenis industri kecil yang dihasilkan oleh koperasi di daerah tertinggal tersebut. “Yang jelas, sesuai dengan proposal yang disampaikan ke Disperindag dan Koperasi Bengkulu usaha mereka bergerak di bidang industri kecil di daerah tersebut,” ujarnya.

Bantuan modal yang diberikan Pemprov Bengkulu bersifat hibah dan tidak dikembalikan kecuali digulirkan kepada anggota koperasi bersangkutan agar mereka lebih sejahtera.

Untuk itu, ia mengharapkan agar bantuan modal ini benar-benar dimanfaatkan oleh koperasi bersangkutan agar usaha sudah dirintis dapat berkembang, sehingga pendapatan anggota koperasi lebih baik dari sekarang.

“Saya optimistis jika bantuan modal yang kita berikan ini benar-benar digunakan untuk mengembangkan usaha, maka koperasi bersangkutan akan maju dan anggotanya menjadi makmur,” ujarnya. (Ant/OL-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s