Ujung Tombak Demokrasi Berada di RT/RW

Guru Besar ilmu politik Universitas Indonesia Prof. Dr. Ibramsyah mengatakan, dalam membangun demokratisasi di Indonesia peran Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga sangat vital.

“Suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jakarta karena peran RT/RW,” kata dia pada acara Diskusi Aktualisasi Ketahanan Nasional Bagi Pengurus RT/RW Jakarta Timur, di Jakarta, Senin (22/11/2010).

Menurut dia, RT/RW dapat menciptakan situasi kondusif dan dapat mengayomi warganya. “Karenanya peran RT/RW sudah berhasil dan harus dipertahankan,” kata dia.

Dikatakan, keberhasilan tersebut karena adanya penghargaan terhadap wak warga masyarakat selama ini di lingkungan RT/RW.

“Di antaranya, hak untuk saling menghargai orang lain, hak tidak mengganggu dan menjaga etika, adat norma dan tata krama hidup bermasyarakat,” kata dia.

Sementara itu, dalam kata sambutannya Plh. Walikota Jakarta Timur H.R Krisdianto mengatakan RT/RW adalah garda terdepan dalam melakukan koordinasi.

“RT/RW adalah penghubung antara warga dan pemerintah,” kata dia. Dia mengemukakan, pembangunan yang dijalankan pemerintah tidak akan berjalan bila tidak adanya peran warga.

Menurutnya, peran warga sangat dibutuhkan untuk merangkul warganya.

“Dan juga untuk menjaga kentraman lingkungan tempat tinggal,” kata dia.

Disamping itu, peran RT/RW sangat penting untuk ketahanan nasional dan dapat menerapkan nilai Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika di lingkungan RT/RW, kata dia.(Irf/At)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s