Tahun Hampir Berganti, Penyerapan APBD DKI hanya 40 Persen

Anggota Fraksi Amanat Bangsa (FAB) DPRD DKI Jakarta, Wanda Hamidah mencatat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI hingga November 2010 baru mencapai 40 persen atau Rp5,3 triliun dari Rp26,7 triliun.

Wanda yang ditemui di DPRD DKI Jakarta, Selasa menyatakan angka penyerapan tersebut masih minim dan masih jauh dari target Pemerintah Provinsi DKI yaitu 80 persen.

“Eksekutif mengatakan penyerapan sudah 80 persen, tapi saya tidak yakin. Di lapangan proyek-proyek pengerjaan tidak maksimal, SKPD-SKPD (satuan kerja perangkat daerah) masih lambat,” katanya.

Dia tidak mengetahui bagaimana dinas-dinas mengerjakan program-program kerjanya sampai penyerapan anggaran begitu kecil. Wanda melihat ada pola baru penyerapan anggaran yang akan meningkat signifikan pada akhir tahun.

“Pola DKI itu di akhir-akhir tahun, tiba-tiba penyerapan anggarannya melonjak tinggi,” kata anggota DPRD DKI dari Partai Amanat Nasional itu.

Sedangkan Anggota DPRD DKI dari Fraksi Demokrat, Habib Husain Alaydrus mengatakan kecilnya penyerapan menunjukkan kinerja Pemprov DKI buruk. Oleh karena itu dia meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo untuk mendesak dan menegur kerja para bawahannya untuk bekerja sesuai program yang telah ditentukan.

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta optimistis bahwa realisasi APBD 2010 pada November-Desember akan meningkat signifikan hingga 20 persen sehingga total penyerapan APBD menjadi 80 persen. “Memang ada data kita yang masih memprihatinkan,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Pemprov DKI Jakarta Sukri Bey dalam paparan kinerja 3 tahun pemerintahan Fauzi Bowo di Balai Kota (6/10).

Sukri menjelaskan realisasi belanja pada 2007 tercatat 83 persen, dan belanja modal sebesar 71 persen.  Untuk 2008, realisasi belanja APBD DKI menurun menjadi 79,32 persen dan belanja modal 56,6 persen. Sedangkan pada 2009, tercatat realisasi belanja sebesar 82,69 persen dengan belanja modal sebesar 72,09 persen. (Ant/OL-2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s