Ribuan Perangkat Desa di Jember Unjuk Rasa

Lebih dari seribu perangkat dan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim) yang tergabung dalam Asosiasi Kepala Desa (AKD) Jember, Senin (22/11) menggelar unjuk rasa sebagai bentuk dukungan moral kepada Bupati dan Wakil Bupati Jember non aktif MZA Djalal dan Kusen Andalas yang tersangkut kasus korupsi.

Perangkat desa dan kades menuntut penegak hukum mempercepat proses hukum yang menjerat

Bupati dan Wakil Bupati Jember non aktif itu. “Kami ingin agar program pembangunan pedesaan tidak terganggu akibat proses hukum yang berjalan lamban,” kata koordinator Aksi, Sugeng.

Menurutnya, beberapa program pembangunan yang terancam terganggu akibat proses hukum itu, diantaranya terlambatnya pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD). Pasalnya, pembahasan RAPBD baru akan dilaksanakan DPRD setelah melakukan konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Gubernur Jatim.

Padahal, lanjutnya, seluruh anggaran pembangunan tahun 2011 terdapat dalam RAPBD 2011. Maka terhambatnya pembahasan RAPBD, dikuatirkan juga akan menghambat jalannya roda pembangunan di Jember. Selain itu, sambung Sugeng, desakan percepatan proses hukum itu sebagai antisipasi, kemungkinan adanya agenda politik lainnya, yang sengaja diembuskan oleh pihak-pihak tertentu.

“Kami merasa bahwa ada agenda politik lain, yang ingin memanfaatkan proses hukum yang melilit Bupati dan Wakil Bupati,” ujarnya.

Menurut Sugeng para kades dan perangkat desa merasa ada skenario politik tertentu untuk menggulingkan Bupati dan Wakil Bupati Jember yang baru dilantik itu. (AM/OL-04)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s