Pembatasan BBM tak untungkan SPBU asing

Pemerintah menegaskan kebijakan pembatasan BBM bersubsidi pada tahun depan bukan untuk menguntungkan perusahaan asing melainkan agar lebih tepat sasaran.

Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Perekonomian, menuturkan rencana pembatasan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tahun depan tidak ada kaitannya dengan kepentingan tertentu.

Kebijakan tersebut juga tidak ada muatan politik apapun, tetapi murni demi kesejahteraan rakyat dan pertumbuhan ekonomi.

“Jangan begitulah masa mau menguntungkan SPBU asing. Ini ini soal subsidi tepat sasaran, apa kita mau begini terus,” ujarnya malam ini.

Dia memastikan kebijakan tersebut tidak akan ada mempengaruhi daya beli masyarakat, khususnya yang kurang mampu. Intinya, segala akibat yang ditimbulkan atas kebijakan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi ini telah diperhitungkan pemerintah.

“Kita selalu mempertimbangan daya beli masyarakat dan inflasi juga,” kata Hatta.

Menurut dia, dua opsi kebijakan distribusi BBM tertutup yang akan diajukan ke DPR lebih menyasar ke kelompok masyarakat mampu. Pasalnya, tidak mungkin orang yang tidak punya uang bisa memiliki mobil.

“Kita punya survei yang akurat, itu dengan Menteri ESDM dan dari UI. Kita sudah pertimbangkan segalanya dengan matang,” ujar Hatta.(yn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s