China Mau Bangun Pelabuhan di Pulau Madura

Sejumlah investor Cina menyatakan minatnya untuk membangun beberapa proyek infrastruktur transportasi di Indonesia pada 2011. Beberapa proyek yang dibidik oleh investor negeri Tirai Bambu itu di antaranya pembangunan pelabuhan di Pulau Madura dan akses kereta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengungkapkan, keinginan para investor untuk mengerjakan kedua proyek strategis itu dinyatakan pada penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) antara kementerian dengan Kedutaan Besar Cina untuk Indonesia terkait kerjasama pembangunan infrastruktur transportasi belum lama ini.

“Kerja sama ini adalah realisasi dari MoU yang ditandatangani belum lama ini. Sekarang para dirjen dari subsektor masing-masing di Kemenhub sedang membuat rencana kerjanya dengan mitra dari negara Tirai Bambu itu,” ujarnya, Jakarta, Jumat (19/11).

Menurutnya, pembangunan pelabuhan di Pulau Madura memiliki nilai strategis bagi Indonesia. Pasalnya, pelabuhan terdekat di daerah tersebut, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, dinilai overcapacity.

Selain itu, China Harbour rencananya juga akan bekerja sama dengan Railink dalam pengerjaan proyek pembangunan akses kereta api ke Bandara Soetta. Pembangunan akses tersebut merupakan salah satu prioritas pemerintah. Lantaran itu, pihaknya menggandeng investor asing untuk mendanai proyek tersebut. (OL-5)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s