Angka Pengangguran di Blora Meningkat

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Blora, Jawa Tengah, mencatat jumlah tuna karya/pengangguran di wilayah itu masih cukup tinggi yaitu mencapai 36 ribu jiwa.

Kepala Disnakertransos Waluyo, di Blora, Selasa (23/11) mengatakan kenaikan angka penganguran ini disebabkan beberapa fkator. Di antaranya banyaknya lulusan sekolah yang tidak mendapatkan kesempatan kerja.

“Angka pengangguran di Blora mengalami kenaikan cukup tinggi, dari catatan terakhir bulan Agustus 2010 sebanyak 36.000 orang, dan kami perkirakan akan terus bertambah sampai akhir tahun 2010,” katanya.

Pihaknya juga memperkirakan bisa mencapai 40 ribu jiwa di akhir 2010. Pada 2009, jumlah tuna karya sebanyak 35.000 jiwa.

Semakin melonjaknya pengangguran, kata dia, akan semakin menambah beban Pemkab melalui Disnakertransos, sehingga perlu mendapatkan perhatian serius. “Hal ini juga menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat masih tergolong rendah, karena penghasilan yang diterima minim,” katanya.

Dikatakannya, untuk menekan laju penganguran diperlukan kerja sama dan sinergi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dan swasta untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang masih berstatus pengangguran. “Di antaranya harus menarik investor ke Blora karena akan berimbas pada terbukanya lapangan kerja baru, sebab tingginya pengangguran akan berpengaruh pada jumlah kriminalitas,” katanya.

Untuk membantu menekan lonjakan angka pengangguran, kata dia, setiap tahun Disnakertransos selalu memeberikan pelatihan dan keterampilan kepada masyarakat melalui Balai Latihan Kerja (BLK) setempat.  Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Disnakertransos Suradi mengatakan, hingga saat ini pihkanya masih menyelenggarakan pelatihan kerja selama 30 hari sejak awal November 2010.

“Ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya diselenggarakan pada tahun 2010, diikuti oleh 60 orang, sedangkan pelatihan sebelumnya, yaitu pada bulan April 2010, diikuti 75 orang,” katanya. (Ant/OL-04)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s