Kalsel Tanam 8,6 Juta Pohon

Selama 2010 Kalimantan Selatan telah menanam sekitar 8,6 juta pohon dalam rangka menyukseskan program nasional menanam satu miliar pohon.

Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, di Banjarmasin, Minggu (21/11), mengatakan, jumlah tersebut terdiri atas 1,1 juta pohon di kawasan hutan tanaman industri (HTI), 560.600 pohon merupakan hutan kemitraan, 4.480.000 perkebunan dan lain-lain sebanyak 2.295.871 batang pohon.

“Jenis tanaman yang telah kita tanam sangat berviriasi antara lain pohon mahoni, karet, sungkai, akasia, jelutung, dan tanaman serbaguna lainnya,” katanya.

Pernyataan Gubernur tersebut disampaikan pada acara gerakan nasional penanaman satu miliar pohon yang dilakukan secara simbolis bersama Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di Lapangan Murjani.

Menurut Gubernur sejak beberapa tahun terakhir, kualitas lingkungan di Kalsel mengalami penurunan, yang merupakan dampak dari kegiatan yang kurang memperhatikan lingkungan.

Berbagai kerusakan lingkungan, kata dia, sudah terjadi di beberapa daerah, dan pemerintah kini sulit untuk mengatasinya.

“Persoalan lingkungan adalah masalah kompleks yang untuk mengatasinya diperlukan keterlibatan seluruh pihak, bukan hanya pemerintah provinsi, tetapi juga daerah dan kota serta masyarakat dan pihak terkait,” katanya.

Menurut Gubernur, selain menanam pohon di kawasan hutan, dia juga akan menggalakkan program penanaman pohon di seluruh kantor pemerintah, swasta maupun di perumahan.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, kesadaran menanam pohon kini telah tumbuh dengan baik terutama di daerah Jawa Timur.

Menurut dia, saat ini di daerah tersebut lingkungannya tidak hanya terlihat asri karena banyak pohon tetapi kini juga bermunculan pengusaha-pengusaha yang bergerak di sektor perkayuan.

“Di Jawa Timur kini ada namanya, Haji Jati, Haji Mahoni dan haji-haji lainnya sebagai dampak dari menanam pohon,” katanya.

Artinya, tambah dia, dengan menanam pohon tidak hanya berdampak pada perbaikan lingkungan tetapi juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, asalkan dikelola dengan baik.

Makanya, kata dia, kini Kemenhut programnya hanyalah menanam, menanam dan terus menanam.

Kedatangan Menhut ke Kalsel didampingi oleh Dirjen BP-DAS dan Perhutanan Sosial Hari Santoso, Dirjen Bina Usaha Kehutanan Imam Santoso, Dirjen Planologi Kehutanan, Bambang Supianto dan Dirjen Kemenhut Irham Ja’far. (Ant/OL-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s