Empat Bulan Pabrik Penggilingan Beras di Lebak Menganggur

Sejumlah pabrik penggilingan beras di Kabupaten Lebak sejak empat bulan terakhir menganggur karena musim panen gagal akibat serangan hama wereng dan tikus.

“Kami sudah empat bulan tidak beroperasi karena pada musim panen Juli-Agustus 2010 menyusut akibat serangan hama itu,” kata Bambang, 45, seorang pemilik pabrik penggilingan beras di Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Minggu (21/11).

Pihaknya selama ini hanya melayani masyarakat yang hendak menggiling padi untuk kebutuhan sehari-hari. Petani yang menanam padi mereka tidak menjual ke pabrik penggilingan, karena produksinya berkurang akibat serangan hama tersebut.

Biasanya, kata dia, jika produksi padi pada musim panen meningkat, petani menjual gabah ke pabrik penggilingan. Namun, saat ini petani tidak menjual gabah setelah tanaman terserang hama wereng yang mengangkibatkan produksi padi makin berkurang.

Selama ini, gabah yang ada hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. “Meskipun kami tidak beroperasi, tetapi delapan pegawai tidak dirumahkan dan mereka tetap bekerja dengan pendapatan Rp20.000/hari,” katanya. (Ant/OL-5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s