DKP Diberi Target Rp15 Miliar

Pengumpulan Retribusi Sampah di 2011
HANG NADIM-Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam ditarget mampu mengumpulkan dana dari retribusi sampah selama tahun 2011 senilai Rp15 miliar.  “Kita berusaha saja untuk mencapai target dari Badan Anggaran Pemko itu,” ujar Kadis DKP Batam Azwan ditemui wartawan saat di Bandara Hang Nadim, Jumat (19/11). Azwan optimis target tersebut bisa tercapai. Pasalnya, PT SSET yang selama ini mengelola sampah di Batam mampu menghasilkan Rp1,2-1,3 miliar setiap bulannya.

Ditanya langkah apa saja yang segera dilakukan DKP guna mencapai target tersebut, Azwan menyebut bahwa dinasnya sudah mengajukan permohonan dana operasional sebesar Rp37 miliar. Dana itu, kata dia, akan dialokasikan untuk operasional pengangkutan sampah, kontrol tempat penampungan akhir (TPA) dan pemungutan retribusi.

“Untuk mencapai penghasilan yang ditargetkan itu, DKP akan melakukan peningkatan pelayanan. Serta objek-objek yang belum dikelola akan dimaksimalkan,” ucap Azwan.

Lebih jauh ia menjelaskan, selama menjalin kerja sama dengan PT SSET, sebenarnya Pemko diuntungkan. Selama tahun 2009, sambung Azwan, ada dana sebesar Rp1,9 miliar yang masuk ke kas pemerintah. “Dana ini didapat dari lima persen yang diperoleh pemerintah pada setiap penarikan retribusi yang dilakukan PT SSET. Selain itu, ada dana sebesar Rp5.000 per tonase yang diangkut PT SSET ke TPA Telagapunggur,” jelasnya.

Pasca mundurnya PT SSET dari Kontrak Pemerintah Swasta (KPS) pengelolaan sampah, Irwansyah, anggota DPRD Batam menginginkan Pemko lebih serius dan mengikuti prosedur hukum yang berlaku. “Jadi jangan ada kesan main-main dalam kontrak kerja sama itu,” ujarnya beberapa waktu lalu. (hk/ed)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s