Bojonegoro Harus Bangun 100 Perpustakaan

Dinas Pendidikan Nasional Bojonegoro, Jawa Timur, menerima jatah untuk membangun 100 gedung perpustakaan SDN di wilayahnya dengan alokasi anggaran sebesar Rp80 juta/gedung perpustakaan dari APBD 2010.

“Kami tidak menolak perintah pembangunan perpustakaan SDN, meskipun anggarannya tidak mencukupi,” kata Kepala Diknas Bojonegoro Zainuddin, Minggu (21/11). Pembangunan 100 gedung perpustakaan SDN di Bojonegoro tersebut terancam batal, karena ketentuan yang ada.

Aturan itu yakni spesifikasi gedung berukuran 10 X 6 meter, termasuk alokasi pembelian mebel perpustakaan memanfaatkan alokasi anggaran yang sudah ditentukan. Menurut Zainuddin, dengan anggaran yang tersedia tersebut, masih dibahas kemungkinan mengurangi spesifikasi pembangunan gedung perpustakaan tanpa menyalahi ketentuan yang ada.

“Kami masih membahas dengan semua anggota Komisi D DPRD untuk mengurangi spesifikasi tanpa melanggar ketentuan,” katanya.

Dalam Perubahan APBD 2010 telah dilokasikan dana bagi 100 SDN sebesar Rp270 juta/sekolah. Dengan dana itu, di antaranya Rp80 juta, dialokasikan untuk membangun 100 perpustakaan SDN.

Dana lainnya dimanfaatkan untuk rehabilitasi SDN juga keperluan lainnya. Isi perpustakaan berupa buku akan dialokasikan dari anggaran di luar alokasi untuk pembangunan gedung perpustakaan. (Ant/OL-5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s