Wacana Otsus di Bali Kembali Bergolak

DENPASAR–MICOM: Wacana agar Bali dengan kekhasannya memiliki status khusus kembali muncul ke permukaan. Penguatan pergolakan itu terjadi ketika Komisi II DPRD Bali melakukan pertemuan dengan Lembaga Perkreditan Desa (LPD), BPD Bali, Bank Indonesia, Biro Ekbang Pemprov Bali dan akademisi belum lama ini.

Dalam pertemuan yang khusus membahas sepak terjang LPD itu, anggota Komisi II Anak Agung Bharata mengungkapkan, sudah sepatutnya Bali memiliki status khusus dalam bentuk otonomi khusus (otsus).

“Bali ini unik dan khas. LPD hanya ada di Bali. Ia merupakan lembaga yang jika ditilik melalui aturan BI tak berhak menyalurkan kredit. Tetapi, faktanya di Bali dengan regulasi lokal (Perda, Red), ia memiliki hak untuk itu (menyalurkan kredit, Red). Tak ada lain, otsus harus diperjuangkan,” katanya kala itu.

Ia pun berharap agar seluruh komponen masyarakat Bali bersatu padu menyatukan persepsi untuk memperjuangkan status otsus bagi Bali. Apalagi, perjuangan untuk mendapatkan status itu pernah diperjuangkan oleh DPRD Bali periode 2004″2009. “Selayaknya kita kembali memperjuangkan otsus bagi Bali,” seru mantan Bupati Gianyar ini.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Wakil Ketua DPRD Bali, IGB Alit Putra mengaku tidak tahu menahu sampai dimana perjuangan otsus saat ini. Ia mengatakan, wacana otsus digelontor oleh dewan periode lalu. Sementara komunikasi antara dewan periode lalu dan saat ini tak ada sinkronisasi.

“Saya tak tahu menahu sampai dimana otsus saat ini. Itu merupakan agenda yang diperjuangkan oleh dewan periode lalu. Nanti kita bongkar dulu tentang perjuangan otsus, baru saya akan bicara,” janji mantan Wakil Gubernur Bali tersebut.

Senada dengan Alit, Ketua Komisi II, Tutik Kusuma Wardani mengaku belum tahu benar detail soal wacana otsus. Katanya, oleh karena itu merupakan perjuangan dewan lalu, maka ia secara khusus belum mengetahui benar hambatan yang menghadangnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s