Rumah Murah PNS di Jakabaring Belum Siap Huni

PALEMBANG – Meski sudah akad kredit, rumah sederhana sehat di Jakabaring belum dapat dihuni. Fasilitas listrik dan air belum tersedia, akses jalan masih sulit dilalui, dan banyak bagian rumah sudah rusak sebelum serah terima.

Sejumlah PNS yang lolos seleksi kepemilikan rumah murah mengeluhkan kondisi rumah itu saat menandatangani akad kredit di kantor Bank SumselBabel Syariah, Kamis (18/11).

“Plafon banyak yang pecah, bahkan ada rumah yang tidak ada pintu. Musim hujan ini jalan becek tidak bisa dilewati kendaraan,” kata salah seorang di antaranya.

Mereka berharap dapat segera menempati rumah itu. Staf PT Cipta Karya Niaga, Dedi yang kemarin bertugas di bank itu mengatakan, serah terima rumah belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Dia juga tidak dapat memastikan kapan.

“Sekarang memang belum selesai, mudah-mudahan secepatnya,” ujar Dedi. PT Cipta Karta Niaga adalah satu dari empat developer rumah murah milik Pemprov Sumsel selain PT Elvari Putra Pratama, PT Terang

Jaya Abadi, dan PT Dumi Husada. Perusahaan ini bertanggung jawab terhadap 71 unit di blok N dan Q yang diakad kredit pada tahap
pertama sekarang. Total rumah yang diakad kredit untuk 283 PNS yang dinyatakan lolos seleksi belum lama ini. Pemprov rencananya membangun 1.000 rumah yang masing-masing luas bangunan 36 meter persegi dan luas tahan 12 meter persegi.

Menanggapi keluhan banyak bagian rumah yang sudah rusak sebelum dihuni, staf PT Elvari Putra Pratama, Waluyo, mengatakan, komplain pemilik rumah akan diganti tanpa biaya, tetapi tetap sesuai dengan fasilitas yang melekat pada akad kredit.

“Rehab rumah kita berikan secara gratis, asalkan tetap sesuai. Misal memang rumah itu hanya plester depan tapi dia minta plester semua itu tidak mungkin. Untuk penambahan bangunan sementara ini belum bisa,” katanya. PT Elvari Putra Pratama bertanggung jawab di blok D, G, dan P.

Sementara menurut staf Bank SumselBabel Syariah Palembang, akad kredit berjalan lancar. Begitu pula penandatanganan akta di depan notaris. Ditargetkan akad kredit untuk 283 unit rumah itu selesai Senin (22/11) depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s