Kejaksaan Cekal Bupati Lampung Timur

TEMPO Interaktif, Bandar Lampung- Kejaksaan Tinggi Lampung menyatakan telah mengeluarkan surat cegah dan tangkal (cekal) kepada Satono, Bupati Lampung Timur. Pencekalan itu dikeluarkan karena berkas dakwaan dugaan korupsi senilai Rp 107 miliar dengan tersangka tunggal Satono segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tannjungkarang. “Agar proses persidangan menjadi mudah dan mencegah tersangka kabur ke luar negeri,” kata Arminsyah, kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, Kamis (18/11).
Arminsyah mengatakan surat pencekalan terhadap Satono efektif sudah diberlakukan. Dia menambahkan, berkas dakwaan Satono sudah dinyatakan lengkap setelah sebelumnya secara tiba-tiba ditarik dari Pengadilan Negeri Tanjungkarang. “Kami pastikan sebelum berganti bulan atau pekan depan berkas sudah dikirim ke pengadilan,” katanya.
Sebenarnya beberapa waktu lalu, Satono hendak disidangkan. Namun secara mengejutkan jaksa menarik berkas dakwaan sesaat sebelum sidang digelar. Jaksa beralasan penarikan itu karena berkas belum lengkap dan masih lemah. “Daripada terdakwa lepas lebih baik kita perbaiki materi dakwaan,” katanya.
Sementara itu Sopian Sitepu, kuasa hukum Satono, mengaku belum mengetahui adanya surat pencekalan itu. Kalau ada, kata dia, akan dikaji alasan jaksa mengeluarkan suarat itu. “Saya belum baca dan tahu alasan surat cekal itu. Kita lihat saja,” katanya.
Satono yang ditetapkan sebagai tersangka sejak dua tahun lalu itu dianggap bertanggungjawab perihal raibnya dana kas daerah sebesar Rp 107 miliar yang disimpan di Bank Perkreditan Rakyat Tripanca Setiadana. Uang milyaran rupiah itu raib setelah Bank Indonesia menutup BPR Tripanca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s