Fungsikan Segera Pelabuhan Selat Beliah

SAWANG (BP) – Pelabuhan penumpang Selat Beliah sudah rampung dikerjakan. Sayangnya hingga kini belum dioperasikan. Tidak adanya akses jalan menyebabkan proyek yang menelan dana puluhan miliar rupiah dari anggaran APBD Karimun ini, belum dimanfaatkan.
Untuk menunjang aktivitas sehari-hari, warga Sawang masih memanfaatkan pelabuhan pelantar goyang yang kondisinya memprihatinkan. Oleh karenanya warga mendesak Pemerintah Kabupaten Karimun untuk segera mengoperasikan pelabuhan tersebut.
”Sudah banyak keluhan dari warga yang meminta segera dioperasikan pelabuhan beton ini. Mengingat, pelantar lama kondisinya sudah tidak bagus lagi,” ungkap Kepala Desa Gemuruh Hasan Basri saat ditemui di kantornya, Senin (15/11) kemarin.
Dikatakan Hasan Basri, keinginan warganya itu sudah disampaikan ke pihak berwenang. Hanya karena akses jalan menuju pelabuhan yang belum ada, sehingga pemanfaatannya belum bisa dilakukan.
”Yang kami tahu, pelabuhan yang baru dibangun belum bisa dioperasikan karena belum ada akses jalan,” bebernya.
Apabila pelabuhan baru sudah difungsikan, sambung Hasan Basri, warga sepakat akan memperbaiki pelabuhan lama. Anggarannya akan diambil dari dana community development (CD) yang besarnya mencapai Rp196 juta.  ”Selain perbaikan pelabuhan, nelayan juga bakal merehap posyandu, dan sejumlah jalan. Tentunya, sumber dana dari CD tadi,’’ katanya.
Secara terpisah Kepala Satkorlak Pelabuhan Selat Beliah Subekti saat dikonfirmasi Batam Pos tidak membantah jika desakan warga terkait pengoperasian pelabuhan penumpang itu. Disebutkan dari informasi pelabuhan akan dioperasikan awal 2011, untuk sementara akses jalan akan memanfaatkan jalan yang sudah ada.
”Yang jelas pelabuhan segera dioperasikan karena pengerjaanya sudah rampung. Kan sayang kalau berlarut-larut ditinggalkan kurang terawat,” bebernya. (ims)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s