DPRD Provinsi Jangan Arogan

LINGGA – Ketua DPD Lembaga Kelautan dan Perikanan Indonesia Lingga Gani Atan Leman menyayangkan komentar, anggota DPRD Provinsi Hanafi Ekra agar menutup menghentikan penambangan bouksit oleh PT Telaga Bintan Jaya (TBJ) di Desa Penuba. Tanggapan Anggota DPRD Provinsi tersebut terkait dengan demo ratusan orang Suku Laut di Desa Penuba, Kamis (28/10) kemarin, terhadap PT telaga Bintan Jaya yang dianggap telah mencemari laut sehingga menyulitkan masyarakat untuk mencari nafkah di sekitar laut Pulau Penuba.

“Saya selaku Ketua Lembaga Kelautan dan Perikanan Lingga, merasa keberatan pemberhentikan kegiatan pertambangan PT TBJ di wilayah Lingga. Karena kita sendiri masih mempunyai kepala dinas pertambangan maupun bapak bupati yang dapat menjadi penengah dalam masalah ini. Jika memang terjadi pencemaran di sekitar laut Penuba, kita selaku lembaga Kelautan dan perikanan pasti akan langsung turun kelapangan untuk mengecek kebenarannya” kata Gani, Minggu (14/11).

Gani menambahkan, setelah ditelusuri olehnya, sebenarnya demo yang dilakukan masyarakat suku laut di Desa Penuba beberapa waktu lalu, diindikasi dalam rangka menuntut pencairan dana kepedulian terhadap masyarakat (DKTM) tahun 2010 kepada pihak PT TBJ secepatnya.

“Setelah saya telusuri, ada kemungkinan masyarakat suku Laut yang berasal dari pulau Lepan, hanya diperdaya oleh LSM yang mendukung demo tersebut. Karena setelah saya tanya ke warga mereka mengaku tidak tau untuk apa mereka melakukan demo,” paparnya.

Sehingga katanya, ada indikasi demo yang dilakukan masyarakat suku laut di Desa Penuba kemarin, hanya untuk kepentingan orang-orang tertentu saja yang sebenarnya menuntut pencairan Dana DKTM tahun 2010 kepada PT TBJ.

Gani menambahkan, pihak PT TBJ sebenarnya sudah mencairkan DKTM tahun 2008-2009 yang lalu sebesar Rp809.971.450 ke Desa Penuba, untuk pembangunan, antara lain semenisasi jalan Penuba Lama Desa Sembuang, pembangunan balai pertemuan Sembuang dan beberapa proyek lainnya. (hk/39)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s