Menkum dan HAM Apresiasi 29 Desa Sadar Hukum

PALU–MICOM: Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar memberikan penghargaan kepada 29 kepala desa di Provinsi Sulawesi Tengah karena dinilai mampu menciptakan daerah sadar hukum.

Pemberian penghargaan itu bersamaan dengan peresmian Pusat Hukum dan HAM di Kanwil Hukum dan HAM Sulawesi Tengah di Palu, Sabtu (13/11). Penghargaan itu berupa pengalungan medali kuning emas kepada setiap kepala desa.

Desa-desa itu antara lain Sibalaya, Sibowi, Karya Agung, Porame, Sese, Kalempang, Balinggi, dan Saba. Semua desa itu tersebar hampir di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tengah seperti Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Tojo Una-Una, dan Poso.

Patrialis mengatakan, banyaknya desa yang mendapat penghargaan itu membuktikan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap hukum. “Hal ini perlu dicontoh oleh desa-desa lainnya di Sulawesi Tengah,” katanya.

Karena itu, budaya main hakim sendiri harus dihilangkan. “Serahkan pelaku kejahatan kepada pihak berwajib agar diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” katanya. (Ant/OL-5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s