Pers Ujung Tombak Ciptakan Pemerintah Bersih

Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis menyatakan, pers merupakan ujung tombak untuk menciptakan pemerintahan yang transparan dan bersih. “Pers adalah mitra organisasi dan lembaga pengawas pemerintahan yang dibutuhkan seluruh elemen masyarakat untuk mendesak serta mengungkap agar pemerintahan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Harry dari daerah pemilihan Kepulauan Riau, Minggu (14/11/2010), di Tanjungpinang.

Mantan Ketua Badan Anggaran DPR itu mengatakan, wartawan juga memiliki peranan penting dalam mengawasi dan pengungkap peristiwa yang terjadi selama pembahasan hingga pengesahan anggaran.

Kritikan wartawan yang dimuat dalam media cetak maupun elektronik dapat mendorong pemerintah membahas anggaran secara transparan, adil dan prorakyat.

“Organisasi dan lembaga pengawas pemerintahan membutuhkan wartawan untuk mengkritik kebijakan pemerintahan yang tidak mengutamakan kepentingan rakyat,” ujarnya yang diusung Partai Golkar.

Harry mengaku menerima banyak informasi sehubungan dengan sulitnya wartawan maupun organisasi masyarakat mendapatkan dokumen anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Seharusnya hal itu tidak terjadi jika pemerintah menyadari bahwa dokumen APBD itu wajib diketahui publik sehingga tidak perlu disembunyikan.

Dokumen APBD itu merupakan peraturan daerah yang seharusnya diketahui masyarakat umum. Jika dokumen itu disembunyikan dengan berbagai alasan, maka pemerintah dapat dianggap tidak mengerti peraturan.

Ia mendukung wartawan untuk terus mengkritik pemerintah yang terkesan menyembunyikan dokumen APBD, karena sikap penyelenggara pemerintah itu telah melanggar konstitusi dan UU Keterbukaan Informasi.

“APBD itu merincikan anggaran untuk kepentingan rakyat. Jadi aneh jika dokumen anggaran daerah itu disembunyikan,” ungkapnya.(Irf/Ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s