Manipulasi Data Pegawai Honorer Kabupaten Balangan Dibongkar

BANJARMASIN–MICOM: Dugaan manipulasi data dan surat keputusan (SK) fiktif pegawai honorer di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, dibongkar.

Para pegawai honorer yang tergabung dalam Ikatan Honorer Balangan (IHOBA) akan melaporkan kasus itu kepada aparat dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara.

“Kami sudah berkonsultasi dengan aparat penegak hukum dan berencana melaporkan kasus ini ke kejaksaan dan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” kata
Ketua Ikatan Honorer Balangan Fitriadi, Kamis (11/11),

Menurut Fitriadi, pihaknya mempunyai bukti kuat terkait dugaan manipulasi data dan SK honorer fiktif itu. Di antaranya, laporan APBD 2005 Kabupaten Balangan yang memperlihatkan adanya indikasi penggelembungan jumlah honorer.

Data honorer yang masuk database, mengalami selisih banyak dengan jumlah honorer sesuai perhitungan realisasi gaji pegawai non pegawai negeri sipil (PNS). Sebagai contoh, jumlah pegawai honorer bidang administrasi sesuai database sekitar 333 orang, sedangkan data realisasi anggaran 2005 sekitar 150 orang. Dengan demikian sebanyak 183 tenaga honorer diduga fiktif atau dimanipulasi datanya.

Selain itu, juga ditemukan indikasi pembayaran gaji honorer tidak bersumber dari APBN maupun APBD. Kepala Bidang Penerangan dan Hukum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan Rajendra, mengatakan pihaknya siap menindaklanjuti laporan terkait dugaan manipulasi data pegawai honorer di Kabupaten Balangan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Balangan Ansharuddin mengatakan pihaknya sudah memerintahkan inspektorat melakukan pemeriksaan terhadap calon PNS dan PNS yang diduga bermasalah. (OL-01)

One response to “Manipulasi Data Pegawai Honorer Kabupaten Balangan Dibongkar

  1. ITULAH AKIBATNYA PERATURAN YG TIDAK TEGAS BAHWA PADA TAHUN 2005 INTANSI PEMERINTAH TIDAK BOLEH MENGANGGKAT TENAGA HONORER LAGI TAPI DALAM KENYATAANNYA DAERAH2 MASIH BANYAK MELANGGAR DENGAN DALIH KEKURANGAN PEGAWAI YG SEBETULNYA HONORER YG ADA DAPAT DIPERDAYAKAN KLO SEPERTI INI YG DIKORBANKAN ADALAH TENAGA HONORER YG SUDAH LAMA TIDAK PERNAH DIPERHATIKAN, TIDAK DIBERI SK SAKTI/KKN DAN SELALU MENGALAH KARENA TDK BERDAYA IROOONISSS SEKALI MUDAH-MUDAHAN DINEGERI INI ADA MANUSIA YG SEUTUHNYA AKAN MENYELESAIKAN TENAGA HONORER SEHINGGA AKAN DITEMUKAN KEADILAN DAN KEMANUSIAAN AMIIN….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s