Kendari Bangun Tiga Unit Biogas

KENDARI–MICOM: Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Pertanian (Distan) Kendari, membangun tiga unit biogas tahun ini.

“Ketiga unit biogas yang dibangun itu terdapat di Kecamatan Poasia dan Abeli,” kata Kepala Distan Kendari Nedy Patanduk di Kendari, Sabtu (13/11).

Pembangunan ketiga unit biogas tersebut sebagai langkah awal dalam penerapan teknologi kepada masyarakat khususnya kepada petani ternak.

“Tujuan lain pembangunan biogas ini dalam rangka memanfaatkan limbah kotoran ternak menjadi energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk sumber penerangan dan bahan bakar pengganti minyak tanah,” ujarnya.

Pembangunan ketiga unit biogas ini juga bisa memberikan kegiatan yang lebih luas kepada masyarakat. Diharapkan kepada peternak tidak hanya terlibat dalam transaksi jual beli ternak sapi.

Lebih jauh dari itu, masyarakat dapat memanfaatkan limbah atau kotoran ternak tersebut untuk diolah menjadi biogas. “Hasil pembuatan biogas ini sudah banyak dimanfaatkan oleh warga Kendari, khususnya bagi masyarakat peternak sapi yang tinggal di beberapa
lokasi yang susah dijangkau jaringan listrik,” katanya. (Ant/OL-5)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s