Harry: Perlu Ada Beasiswa Program Doktor

Untuk Tingkatkan SDM Kepri

TANJUNGPINANG(BP) – Wakil Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Harry Azhar Azis mengusulkan agar pemerintah daerah (Pemda) mulai menyiapkan anggaran beasiswa untuk program doktor (S3) di luar negeri. Karena ini dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola pemerintahan menjadi lebih baik ke depannya.

”Kalau Kepri memiliki orang-orang yang pendidikannya hingga meraih gelar doktor, maka akan memberikan pengaruh yang positif. Baik untuk daerah dan pemerintahannya,” kata Harry dalam pertemuan bersama Forum Diskusi Rakyat di Sarbana Tanjungpinang, Jumat (12/11) lalu.

Dijelaskan Harry, untuk mewujudkan hal ini, harus didukung oleh pemerintah daerah. Caranya dengan memberikan beasiswa program doktor untuk sekitar lima orang dalam setahun. Dengan begitu jumlah doktor yang ada di Kepri akan terus bertambah banyak. ”Lalu lewat kemampuan yang dimiliki mereka, Kepri akan mempunyai orang-orang pintar untuk mengelola daerah ini,” ujarnya.

Harry mencontohkan, jika beasiswa diberikan untuk meraih gelar doktor di Amerika Serikat maka biaya yang dibutuhkan selama satu tahun di sana sekitar Rp200 juta. Dengan perhitungan itu, pemerintah bisa menganggarkan Rp5 miliar dari APBD setiap tahun. (mat)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s