Generasi Muda Makin Memahami Empat Pilar Kebangsaan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Gebrakan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) membumikan 4 pilar kehidupan kebangsaan sudah mulai memperlihatkan hasilnya. Belakangan ini, generasi muda dan pelajar dari SMP dan SMA di tanah air semakin memahami 4 pilar itu sebagai sistem nilai nasional, dan diharapkan bisa memandu perilaku hidup mereka sehari-hari.

“Sudah semakin dirasakan kalau generasi muda kita sekarang ini menemukan kembali Pancasila sebagai kompas atau panduan dari nilai-nilai ke Indonesiaan ke depan,” ungkap Wakil Ketua Fraksi PDIP MPR Daryatmo Mardiyanto, di Jakarta, Minggu (14/11/2010).

Daryatmo menanggapi semakin banyaknya elemen masyarakat khususnya generasi muda yang tertarik bekerjasama mensosialisasikan 4 pilar kehidupan kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Terakhir ini, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) menawarkan kerjasama tersebut ketika pengurus pusatnya bertemu dengan Wakil Ketua MPR Meilani Leimena.

Menurut Daryatmo, sosialiasi 4 pilar oleh MPR itu sudah dilakukan melalui cerdas cermat ditingkat pelajar di seluruh Indonesia, melakukan trainer of training (ToT) dikalangan pejabat pemerintah dan birokrasi serta para guru-guru di sekolah. Para tenaga pendidik itu pun kemudian menyampaikan kepada semua muridnya.

“Pengetahuan mereka tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka tunggal ika membanggakan, meski kemasannya dalam bahasa pergaulan,” ujar anggota Komisi VII DPR itu.

Ketika dilakukan sosialisasi dengan tema 4 pilar lanjut Daryatmo, terdapat pertemuan dengan harapan masyarakat tentang diperkuatnya kembali sistem nilai kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila.

“Ketika pragmatisme semakin menonjol dan mulai menggeser makna dari substansi sebuah nilai masyarakat, maka generasi muda bangsa menemukan kembali Pancasila sebagai suar dari nilai ke Indonesia,” tandasnya.

Ia menegaskan, Pancasila sebagai idiologi negara dan bangsa, ternyata dikenal di seluruh dunia. Buktinya, Presiden AS Barack Obama menyebut kata Pancasila dengan fasih saat berada ditengah-tengah civitas akademika Universitas Indonesia (UI) pekan lalu.

Sosialisasi 4 pilar itu menurut Daryatmo merupakan tanggung jawab 692 anggota MPR RI, yang dipilih secara demokratis oleh rakyat Indonesia pada waktu pemilu.

“Selama masa jabatannya, anggota MPR harus bekerja memasyarakatkan keempat pilar kebangsaan kita,” tegas Daryatmo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s