Bengkulu Tengah Dapat Rp2,5 Miliar Bantuan Desa Tertinggal

BENGKULU–MICOM: Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu menerima bantuan untuk desa tertinggal dari pemerintah pusat sebesar Rp2,5 miliar dalam tahun 2010. Dana tersebut diarahkan untuk mengembangkan usaha ekonomi produktif dan menunjang angkutan desa. Hal itu dikatakan pejabat Bupati Bengkulu Tengah H Bambang Suseno, Senin (15/11).

Ia mengatakan, kucuran dana dari pemerintah pusat itu antara lain untuk mendukung pengembangan usaha usaha ternak dan modal untuk kegiatan simpan pinjam. Selain itu juga diarahkan untuk menyediakan angkutan transportasi ke desa tertinggal di wilayah ini.

Kabupaten Bengkulu Tengah, hasil pemekaran dari kabupaten induknya Bengkulu Utara, memiliki 108 desa tertinggal dari 134 desa yang ada di wilayah ini. Bahkan dari jumlah desa tertinggal itu 58 desa masuk katagori sangat tertinggal, sebagian besar berlokasi pada lereng perbukitan, sehingga sarana dan prasaran di daerah itu sangat minim, termasuk sumber daya manusianya.

Fasilitas jalan menuju ke desa-desa tersebut masih merupakan jalan tanah dengan tanjakan dan tikungan tajam, sehingga menyulitkan transportasi pada saat musim hujan. Guna mengatasi ketertinggal ratusan desa di daerah ini, Pemkab Bengkulu Tengah berupaya mencari dan mengandalkan dana dari pemerintah pusat, antara lain melalui usulan serta dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU).

Hal itu dilakukan, jika hanya mengandalakan dana bantuan desa tertinggal sebesar Rp2,5 miliar tersebut, sangat sulit menembus isolasinya, akibat dana tersebut sangat kecil. Dari jumlah desa tertinggal itu saat ini terdapat sekitar 54.000 jiwa atau 52 persen warga masuk katagori miskin dari jumlah penduduk seluruhnya 105.600 jiwa.

Sebab itu untuk menekan sekecil mngkin jumlah angka kemiskinan itu membutuhkan  dana rata-rata Rp200 miliar pertahun, mengingat sarana dan prasarana di daerah ini sangat minim dan terbelakang, ujar Bambang. (Ant/OL-04)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s