Anak Putus Sekolah tingkat SD di Kabupaten Cirebon Capai Tiga Ribu Orang

CIREBON–MICOM: Angka anak putus sekolah (drop out) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mencapai capai 3 ribu lebih. Upaya menjemput langsung anak dari rumah pun dilakukan dinas pendidikan setempat.

Menurut Kepala Seksi Kesiswaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Iman Sukiman, Senin (15/11), selama 2009-2010 angka anak putus sekolah mencapai 1,4 persen. “Memang turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 1,7 persen,” katanya.

Dengan jumlah siswa SD yang mencapai 240.000 ini berarti angka anak putus sekolah mencapai 3 ribu lebih. Namun menurut Iman masih cukup tinggi.

Berbagai faktor melatarbelakangi mengapa seorang anak putus sekolah. “Namun sebagian besar dikarenakan faktor ketiadaan biaya. Karena ekonomi orang tua yang tidak mampu,” katanya. Kebanyakan anak-anak ini orangtuanya bekerja sebagai nelayan atau pun buruh tani yang penghasilannya memang minim. Karenanya anak pun seringkali putus sekolah dan mereka memmilih

untuk membantu orang tua mencari ikan atau bertani dan pekerjaan lainnya yang menghasilkan uang.

Ada pun daerah yang rawan anak putus sekolah berada di Kecamatan Gebang, Losari, Pangenan, Gunung Jati, Kapetakan dan Mundu. “Kami pun berupaya untuk melakukan sejumlah langkah untuk meminimalkan angka anak putus sekolah,” katanya.

Diantaranya dengan menjemput langsung anak-anak sekolah tersebut dari rumah masing-masing serta pemberian beasiswa. Termasuk mengoptimalkan dana BOS untuk membantu mereka. (UL/OL-2)

Iklan

One response to “Anak Putus Sekolah tingkat SD di Kabupaten Cirebon Capai Tiga Ribu Orang

  1. wah…kasian mereka pak…seharusnya dana BOS itu kan cukup … thank tas infonya pak.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s