11 Proyek Infrastruktur Masuki Proses tender

BANDUNG–MICOM: Sebanyak 11 proyek infrastruktur kerja sama antara pemerintah dan swasta akan memasuki proses penyiapan dokumen transaksi pada tahun 2011. Tujuh proyek di antaranya berada dalam tanggung jawab pemerintah daerah.

Direktur Program Kerja Sama Pemerintah dan Swasta (PKPS) Bappenas Bastary Indra Pandji mengatakan kesebelas proyek tersebut telah melewati proses prastudi kelayakan yang cukup panjang. Maka ia optimistis semua proyek itu siap ditenderkan tahun depan.

Perkiraan nilai investasi 11 proyek infrastruktur berskema public private partnership PPP tahun 2011 mencapai US$6,825 miliar.

“Kajian seperti analisis dampak lingkungan (amdal), potensi ekonomi, landasan hukum, dan nilai stategis bagi pembangunan daerah sudah ditempuh. Makanya kami berani memastikan 11 proyek ini siap ditawarkan ke swasta,” ungkap Bastary, di Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/11)

Dari keseluruhan proyek, dua diantaranya diusulkan oleh swasta yakni pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Kota Bandung, Jawa Barat dan PLTSa di Surakarta, Jawa Tengah.

Sedangan lima proyek yang siap tender tahun depan, merupakan proyek yang urung ditenderkan di tahun ini karena berbagai masalah teknis. Misalnya, pembangunan Pelabuhan kapal pesiar di Tanah Ampo, di Bali yang tertunda akibat ketidakjelasan penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK). Proyek Penyediaan Air Umbulan, Jatim juga sempat terhenti karena ketidakjelasan PJPK dan masalah perjanjian jual beli air baku antar PDAM daerah.

“Tapi sebagian besar kendala teknis sudah diselesaikan. Kita semua sama-sama berharap, tidak ada penundaan proyek di tahun depan,” ucap Bastary.

Ia memperkirakan, proyek yang proses tendernya segera diumumkan adalah rel kereta api batubara Puruk Cahu Bangkuang, di Kalimantan Tengah, yakni Januari 2011. Proyek senilai US$2,1 miliar itu diminati sekitar lima investor asing.

Kemudian proses lelang proyek penyediaan air minum di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan akan dimulai paling lama April 2011. Pemkab Maros kini sedang menyiapkan dokumen dokumen transaksi.

“Pemerintah selalu membuka peluang bagi swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur. Karena harus diakui, pemerintah pusat maupun daerah tidak memiliki anggaran memadai untuk menyediakan infrastruktur yang begitu banyak,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjut Bastary, Bappenas tidak akan begitu saja meloloskan semua proyek kerja sama yang disulkan kementerian, BUMN, pemda, maupun swasta. Pasalnya, penyediaan infrastruktur justru dapat membebani kemampuan fiskal negara jika proyek gagal. (AX/X-11)

Daftar Proyek Kerja sama Tahun 2011:

  1. Pengolahan air Tukad Unda. Penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK), Pemkab Klungkung, Bali. Estimasi nilai investasi US$59,1 juta.
  2. Rel KA batubara Puruk Cahu Bangkuang. PJPK Pemprov Kalimantan Tengah. Estimasi nilai investasi US$2,1 miliar.
  3. Penyediaan air minum Maros. PJPK Pemkab Maros, Sulsel. Estimasi nilai investasi US$12,9 juta.
  4. Pelabuhan kapal pesiar di Tanah Ampo, Bali. PJPK Adminstratur Pelabuhan Benoa . Estimasi nilai investasi US$24 juta
  5. Pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa), di Bandung, Jawa Barat. PJPK Pemkot Bandung. Estimasi nilai investasi US$86 juta.
  6. Pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa), di Solo, Jawa Tengah. PJPK Pemkot Surakarta. Estimasi nilai investasi US$7,4 juta.
  7. Bandara Banten Selatan. PJPK Pemprov Banten. Estimasi nilai investasi US$85 juta.
  8. Rel KA Bandara Soekarno Hatta-Stasiun Manggari. PJPK kemenhub. Estimasi nilai investasi US$735 juta.
  9. Pembangkit listrik tenaga batubara, Jateng. PJPK PT PLN. Estimasi nilai investasi US$3 miliar.
  10. Jalan tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi, Sumut. PJPK Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Estimasi nilai investasi US$475,52 juta.
  11. Proyek Penyediaan Air Umbulan, Jatim. PJPK Pemprov Jatim. Estimasi nilai investasi US$204,2 juta.

Sumber: Bappenas, tahun 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s