Tingkatkan Anggaran Bantuan Desa

DPRD Sumsel meminta anggaran bantuan untuk desa ditingkatkan dari Rp20 juta menjadi Rp30 juta per tahun. Menurut anggota Komisi I DPRD Sumsel, H Slamet S, anggaran bantuan untuk desa sekarang ini dan tahun 2011 nanti sebesar Rp20 juta per desa.

Dengan anggaran Rp20 juta per desa per tahun itu, kalau bisa ditingkatkan lagi pada tahun 2012,” ungkap Slamet, Jumat (12/11). Ia menuturkan, kalau dari hasil reses yang mereka lakukan, kepala desa meminta supaya anggaran bantuan desa itu ditingkatan.

Selain itu, memang ada kesenjangan antara gaji sekretaris desa dengan kepala desa. Kalau kepala desa itu jabatan politis, sedangkan sekretaris desa pegawai negeri sipil (PNS).

Sehubungan dengan itu, maka komisi I DPRD Sumsel meminta supaya pada tahun 2012 anggaran bantuan desa ditingkatkan lebih besar dari yang dianggarkan tahun 2010, kata wakil rakyat tersebut. Sekretaris Desa Sungai II, Kabupaten Banyuasin, Faturrahman mengatakan, kalau anggaran desa Rp20 juta itu digunakan untuk ekonomi produktif Rp10 juta.

Kemudian karang taruna, posyandu dan PKK masing-masing Rp2,5 juta, sedangkan sisanya Rp1,5 juta untuk administrasi badan pemberdayaan desa dan Rp1 juta lagi untuk pelaporan. Ia mengakui, kalau sekretaris desa itu gajinya sebesar Rp1,9 juta per bulan, sedangkan gaji kepala desa Rp500 ribu per bulan yang berasal dari APBD kabupaten. Anggaran bantuan desa itu tahun 2010 sebesar Rp20 juta, sedangkan tahun 2009 hanya Rp15 juta, demikian Sekretaris Desa Sungai II. (Ant/rel)

2 responses to “Tingkatkan Anggaran Bantuan Desa

  1. KHARISMAN MAULANA

    apakah ada dana untuk karang taruna, pkk,?terus knapa tidak berdaya pkk dan karang taruna??saya perangkat desa kenapa gaji perangkat desa kalah sama gaji tukang cuci piring..sedangkam prangkat desa adalah ujung tombak pelayananan pemerintah kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s